Ditanya Kejelasan Rocky Masuk Indonesia, Daihatsu Pilih Bungkam

  • Oleh : ADV

Selasa, 23/Feb/2021 13:03 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Setelah meluncur pertama kali di Jepang pada November 2019 lalu, Daihatsu Rocky langsung menyita perhatian pecinta otomotif di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Nama besar Rocky di Indonesia sudah terkenal sejak tahun 1990-an, dimana Rocky dikenal sebagi sosok Sport Utility Vehicle (SUV) yang tangguh dan mudah dalam perawatan. Hadirnya produk baru, tentunya membuat para penggemarnya ingin kembali bernostalgia.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Tahun 2020 lalu, santer terdengar kabar bahwa Rocky akan masuk ke Indonesia. Sayang, hingga tahun berganti, SUV kompak tersebut juga tidak kunjung terlihat. Namun awal tahun ini rumor tersebut kembali ke permukaan.

Baca Juga:
Penjualan Terbanyak Ke-2, Daihatsu Gran Max Hadirkan Ragam Inspirasi Kendaraan Niaga

Interior Daihatsu Rocky

Paling anyar, SoundandMachine mendapati bahwa Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Daihatsu Rocky, telah muncul di Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Baca Juga:
Pelanggaran Uji Tabrak, Daihatsu Gran Max Pick-up Rakitan Indonesia Dilarang Beredar di Jepang

Dari daftar NJKB tersebut, Daihatsu Rocky memiliki banderol Rp 130 juta sampai Rp 168 juta. Sayang, saat hal tersebut dikonfirmasi ke pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mereka memilih untuk tidak memberikan tanggapan alias bungkam.

NJKB Daihatsu Rocky

Seperti diketahui, Daihatsu Rocky memiliki saudara kembar yakni Toyota Raize. Dari segi dimensi, keduanya memiliki ukuran yang sama, dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm, dan wheelbase 2.525 mm. 

Rocky dibuat dengan menggunakan platform New Global Architecture (DNGA) Daihatsu. Material sasis Rocky, disebut menggunakan pelat baja berkualitas lebih baik untuk meningkatkan kekakuan. 

Bagian dapur pacu, Rocky dibekali mesin yang sama dengan Toyota Raize, yakni mesin bensin 3 silinder turbo berkapasitas 1.000 cc. Mesin 12 katup ini mampu mengalirkan tenaga 98 HP pada 6.000 rpm dan torsi 140,2 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Tenaga tersebut lantas disalurkan ke roda depan melalui transmisi D-CVT. Daihatsu mengklaim, bahwa Rocky dapat menempuh jarak 18.6 km dengan mengkonsumsi 1 liter bahan bakar.

Menariknya, dari data Permendagri, terdapat varian Rocky yang menggunakan mesin 1.200 cc. Kemungkinan, mesin tersebut berkode 3NR-VE yang sama dengan kepunyaan Calya, Sigra, Agya, dan Ayla. Mesin ini memiliki tenaga 86 hp dan torsi 108 Nm. Kita tunggu saja ya sob! (EPS)