Perodua Ativa D55L, Kembaran Daihatsu Rocky dari Malaysia

  • Oleh : ADV

Rabu, 24/Feb/2021 13:24 WIB
Perodua Ativa D55L (ist) Perodua Ativa D55L (ist)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Setelah kabar kedatangannya ke Indonesia meredup pada tahun 2020 lalu, karena baik Daihatsu dan Toyota memastikan tidak akan meluncurkannya, kini nama Daihatsu Rocky dan Toyota Raize kembali menjadi perbincangan.

Dari berbagai informasi yang didapat, kedua mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) akan resmi dipasarkan dalam waktu dekat ini. Bahkan, keduanya telah masuk kedalam daftar kendaraan yang akan dipasarkan di Indonesia.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Nah, mungkin banyak kawan SoundandMachine yang belum tahu, bahwa Rocky juga punya saudara kembar dari Malaysia, namanya adalah Perodua Ativa D55L. Mobil tersebut baru saja dirilis di Negeri Jiran dan sudah dibuka keran pemesanan.

Baca Juga:
Penjualan Terbanyak Ke-2, Daihatsu Gran Max Hadirkan Ragam Inspirasi Kendaraan Niaga

Perodua Ativa D55L sendiri nampaknya akan membuka segmen baru di pasar SUV Malaysia. Sebab, mobil yang menggunakan platform DNGA yang sama persis dengan Rocky tersebut, memiliki bodi yang kompak, mesin kecil bertenaga dan teknologi canggih.

"SUV tetap diminati, dan D55L adalah penawaran paling trendi kami dalam hal ini. Kekompakan, gaya kontemporer, dan fitur-fiturnya yang modern menjadikannya teman yang sempurna untuk gaya hidup perkotaan sehari-hari," kata Presiden dan CEO Perodua Datuk Zainal Abidin Ahmad.

Baca Juga:
Pelanggaran Uji Tabrak, Daihatsu Gran Max Pick-up Rakitan Indonesia Dilarang Beredar di Jepang

Kabarnya D55L akan menjadi Perodua pertama yang mendapatkan mesin turbocharged, khususnya mesin bensin 1.0 liter tiga silinder. Dapur pacu yang digunakan, adalah varian 1KR-VET yang ditawarkan di Jepang, sama dengan milik Raize maupun Rocky.

Mesin kecil namun bertenaga

Mesin tersebut, sanggup menghasilkan tenaga 98 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi sebesar 140 Nm pada putaran 2.400 hingga 4.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan, lantas disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis D-CVT.

Bicara harga, Perodua Ativa D55L ternyata memiliki banderol yang lebih murah dari Rocky. Di Malaysia, Perodua D55L ini dijual mulai dari 62.500 ringgit sampai 73.400 ringgit (Rp 218 jutaan-Rp 256 jutaan). Padahal, Daihatsu Rocky di Jepang dibanderol 1.705.000 yen (Rp 227 jutaan) sampai 2.422.200 yen (Rp 323 jutaan). (EPS)