Teknologi Daihatsu Advanced Safety Assist, Bantu Berkendara Lebih Aman

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 25/Feb/2021 09:00 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta), 24 Februari 2021 – Mencegah lebih baik daripada mengobati. Peribahasa seperti itu menggambarkan salah satu teknologi keselamatan terkini Daihatsu yaitu Advanced Safety Assist (A.S.A.) (Advanced Safety Assist).

 

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Diproduksi sejak tahun 2012 oleh Daiharsu Jepang, teknologi tersebut memiliki prinsip bahwa kendaraan kecilpun harus secara optimal dilengkapi perangkat keselamatan yang advance, terutama bersifat mencegah, sehingga pelanggan selalu memiliki peace of mind selama berkendara.

 

Baca Juga:
Penjualan Terbanyak Ke-2, Daihatsu Gran Max Hadirkan Ragam Inspirasi Kendaraan Niaga

Teknologi ini bekerja dengan menggunakan sensor dari Stereo Camera yang mendeteksi objek di sekitar mobil, lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil jika dalam keadaan berpotensi bahaya.

 

Baca Juga:
Pelanggaran Uji Tabrak, Daihatsu Gran Max Pick-up Rakitan Indonesia Dilarang Beredar di Jepang

Dengan sensor tersebut dapat membantu mengurangi potensi bahaya ataupun dampak dari kecelakaan pada kendaraan semenjak dilengkapi berbagai fitur keselamatan, beberapa di antaranya adalah fitur Pre Collision Brake dan Lane Departure Warning.

 

Pre Collision Brake merupakan fitur yang mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat ketika mendeteksi kendaraan lain pada jarak dan kecepatan tertentu.

 

Dengan demikian, dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalkan efek benturan. Sementara Lane Departure Warning adalah sistem yang membuat pengemudi dapat lebih terjaga dan terbantu dengan memberi peringatan ketika kendaraan berpindah jalur secara tidak disengaja.

 

Perlu diperhatikan bahwa teknologi keselamatan A.S.A. ini hanya memberikan bantuan dalam berkendara, dan bukan merupakan teknologi kemudi otomatis.

 

Artinya pengemudi tetap memegang penuh kendali terhadap kendaraan dan harus senantiasa berkendara dengan aman, walaupun kendaraan sudah dilengkapi fitur keselamatan mumpuni.

 

“Dengan adanya teknologi A.S.A. pada mobil Daihatsu, dapat memberikan perasaan yang lebih aman dan nyaman, sehingga pelanggan merasa tenang saat berkendara. Karena bagi Daihatsu, keamanan dan kenyamanan berkendara adalah prioritas utama.” ujar Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head Astra Daihatsu Motor.

 

Beberapa kendaraan Daihatsu pasar Jepang yang sudah menggunakan teknologi keselamatan ini adalah Move, Tanto, Thor, Cast, Taft, dan yang terbaru Rocky.

(Joule)