Intip Nih! Fitur Keselamatan Unggulan yang Ada di Mazda6 Facelift

  • Oleh : ADV

Kamis, 25/Feb/2021 13:40 WIB
Mazda6 Elite Sedan Mazda6 Elite Sedan

SoundandMachine.com (Jakarta) - Boleh dibilang, Mazda6 merupakan salah satu produk sedan unggulan Mazda, yang memiliki desain bodi sangat menarik, dengan dimensi yang proporsional.

Sejak generasi pertama meluncur pada tahun 2002, Mazda6 mendapat sambutan yang cukup baik di beberapa negara termasuk Indonesia. Kali ini, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai APM Mazda di Tanah Air, baru saja melakukan penyegaran kembali (facelift) pada Mazda6 generasi ketiga.

Baca Juga:
Sambut Idul Fitri 2024, Mazda Indonesia Gelar Service dan Promo Khusus Momen Lebaran

"Filosofi Mazda yang menciptakan mobil untuk selalu dicintai, membuat mereka kami tak henti menyempurnakan produk-produk kami," tulis PT EMI dalam keterangan resminya, Kamis, (25/02). 

Tak hanya pada versi sedan yakni All New Mazda6 Elite Sedan, Mazda juga melakukan facelift untuk versi station wagon atau estate yaitu All New Mazda6 Elite Estate. Dari segi tampilan, bisa dibilang tidak ada perubahan dibanding model sebelumnya. Namun, Mazda membekali model anyar dengan deretan teknologi terbaru.

Baca Juga:
Pasar Otomotif Tinggi, Mazda Akan Bangun Pabrik Perakitan Kendaraan di Indonesia

Selain itu, Mazda juga tetap mempertahankan sejumlah fitur keselamatan andalannya. Pertama adalah Adaptive LED Headlights (ALH). Fitur ini mampu meningkatkan visibilitas saat malam dan membantu pengemudi menghindari bahaya saat berkendara di malam hari.

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2024: Mazda Hadirkan Inovasi Masa Depan Modifikasi Berorientasi Balap

Mazda6 Elite Estate

Dengan memadukan penggunaan 20 blok baris Glare-free High Beam yang memiliki pengaturan jarak jangkauan penyinaran dan Wide-range Low Beam, ALH secara otomatis akan mengubah sorotan lampu utama dari lampu jauh ke lampu dekat saat mobil mendeteksi adanya pergerakan lalu-lintas.

Lalu ada juga fitur Blind Spot Monitoring (BSM). Fitur ini menggunakan sensor radar di bagian belakang untuk mendeteksi kendaraan yang berada di posisi blind spots di bagian belakang dan samping, atau kendaraan yang mendekat dengan cepat, dan mengingatkan pengemudi melalui lampu peringatan di kedua spion.

Fitur lainnya, yakni Rear Cross-Traffic Alert (RCTA) yang berguna untuk mengingatkan pengemudi saat mendeteksi ada kendaraan yang mendekat dari salah satu sisi ketika mobil tengah mundur. 

Selain itu, Mazda juga tetap membekali fitur Lane-Departure Warning System (LDWS), serta Lane-keep Assist System (LAS). Fitur LAS akan mengingatkan pengemudi saat mendeteksi perpindahan lajur dengan getaran di lingkar kemudi, atau melalui suara alarm. 

Canggihnya, saat sistem mendeteksi terjadinya perpindahan lajur dengan penggunaan lampu sein, fitur ini akan menjadi nonaktif. Fitur ini bekerja pada kecepatan di atas 60 km/jam.

Tak hanya itu, Smart City Brake Support Rear (SCBS R), Smart City Brake Support (Advanced SCBS), Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS), Antilock Brake System (ABS), Driver Attention Alert (DAA) hingga 360° View Monitor tetap dipertahankan.

Di Indonesia, PT EMI menawarkan All New Mazda6 Elite Sedan dengan harga Rp 698,800,000 juta dan All New Mazda6 Elite Estate berbanderol Rp 729,900,000 juta, keduanya dalam kondisi On The Road DKI Jakarta. (EPS)