Tahun Lalu, Seri 3 Menjadi Produk BMW Paling Laris di Indonesia

  • Oleh : ADV

Kamis, 25/Feb/2021 15:08 WIB
BMW Seri 3 BMW Seri 3

SoundandMachine.com (Jakarta) - BMW Group Indonesia, berhasil menegaskan posisinya sebagai produsen kendaraan premium terdepan di Indonesia. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tahun lalu BMW berhasil meraih penjualan tertinggi di segmen kendaraan premium.

Meski dalam situasi pandemi Covid-19, BMW membukukan penjualan 2.565 unit kendaraan pada tahun 2020. "BMW Group Indonesia berhasil menutup tantangan substansial yang disebabkan oleh pandemi," tutur Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia. 

Baca Juga:
Resmi Meluncur di Indonesia, Generasi Baru BMW Seri 5 Kini Bertenaga Listrik Penuh

Ia menambahkan, angka penjualan ini terdiri dari 2.082 kendaraan BMW dan 483 kendaraan MINI. Sementara secara global, tahun lalu BMW Group berhasil menjual kendaraan dengan total 2.324.809 baik BMW, MINI, dan Rolls-Royce (-8,4%) dikirim ke pelanggan di seluruh dunia.

"BMW Group Indonesia tanggapi dampak pandemi Covid-19 dengan menyesuaikan strategi bisnisnya, beradaptasi dengan cepat dan semakin berorientasi pada pelanggan, menjaga semangat positif serta mengutamakan keselamatan," kata Ramesh.

Baca Juga:
Sukses Kuasai Pasar di Segmen Luxury, BMW Luncurkan Mobil Listrik iX xDrive50 dan iX1

Pada 2020, BMW Indonesia telah mengirimkan 2082 (-16,7%) unit kendaraan ke pelanggan. Pencapaian ini didukung oleh keberhasilan model di segmen mewah seperti BMW Seri 7 dan BMW X7.

Baca Juga:
Promosikan Keseimbangan Lingkungan Hidup, BMW Indonesia Pamerkan Semua Mobil Elektriknya

BMW Seri 3 Estate

Keunggulan BMW juga ditopang oleh model-model Sport Activity Vehicle (SAV), yang merupakan favorit pelanggan di Indonesia. Secara keseluruhan SAV BMW menyumbangkan 52% dari total penjualan. Model-model BMW lainnya yang juga memimpin di segmennya adalah BMW Seri 7, BMW Seri 3 dan BMW X5. 

Tiga model terlaris BMW pada tahun 2020 adalah BMW Seri 3, menyumbang 29% dari total penjualan. Sementara model BMW X1 (21%), dan BMW X5 (17%). Sedan legendaris BMW Seri 3 berada di puncak dengan dua varian, BMW 330i M Sport dan BMW 320i Sport, sekaligus merayakan 45 tahun kesuksesannya di seluruh dunia. 

2020 juga merupakan tahun BMW Motorsport dengan berbagai peluncuran produk BMW M yang ditandai dengan kedatangan empat model BMW M perdana; BMW X3 M Competition, BMW X4 M Competition, BMW M8 Coupé Competition, dan BMW M8 Gran Coupé Competition. 

Tiga model BMW M teratas pada tahun 2020 adalah BMW M2 Competition, M2 CS, dan BMW M8. Secara global, BMW M GmbH di tahun 2020 laporkan tahun tersukses dalam hampir 50 tahun sejarahnya. 

"Berkat rangkaian penawaran menarik dari BMW dan MINI terbaru, aktivasi digital inovatif, home delivery, dan juga pilihan home service, kami berhasil mendorong keterlibatan pelanggan yang lebih intens," pungkas Ramesh. (EPS)