Setiap Seri dan Varian Berbeda, Ini Audio System OEM BMW Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 25/Feb/2021 21:00 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta), 24 Februari 2021 – Untuk audio system bawaan atau OEM, BMW Indonesia membuat berbeda antara seri dan variannya.

 

Baca Juga:
Dilengkapi Sistem Audio Canggih, BMW iX Siap Hadirkan Suasana Konser di Kabin

Kalau diperhatikan betul, audio system BMW OEM tersebut memiliki kasta yang menyesuaikan antara seri dan variannya. Itu berarti misalnya BMW tersebut flagship atau termahal, audio yang digunakan juga papan atas, begitupun sebaliknya untuk entry level.

 

Baca Juga:
Biasa di Lini Teratas, Mengenal Audio System Bowers & Wilkins BMW

Lantas apa saja audio system OEM yang ada di lini produk BMW Indonesia?

 

Baca Juga:
Selain X5, Ini Produk BMW Indonesia yang Memakai Audio System Harman Kardon

Standard

Sesuai namanya, audio system OEM tersebut merupakan yang paling standar, setidaknya enam speaker dan 100 W. Audio system seperti ini untuk BMW keluaran APM hanya ada di X1 sDrive18i yang notabene entry level.

 

BMW Hi-Fi

BMW Hi-Fi merupakan audio system OEM yang di atas standar dengan speaker lebih banyak dan menyesuaikan bodi mobilnya. Seperti misalnya seri-3 10 speaker, X3 sDrive20i 12 speaker, dan sebagainya yang semuanya 205 W.

 

Selain itu untuk pengaplikasian, Hi-Fi biasa ada di varian lebih tinggi misalnya berada dalam seri yang sama. Seperti misalnya, X1 sDrive18i audionya standar dengan 6 speaker, sedangkan X1 sDrive18i X-Line audionya Hi-fi.

 

Harman Kardon

 

(sumber: BMW)

Audio system OEM ini lebih mempercayakan pihak ketiga yaitu Harman Kardon lengkap dengan membawa merknya, namun tanpa “BMW” seperti Hi-Fi.

 

Harman Kardon sendiri merupakan pemain lama dalam bidang audio karena perusahaannya sendiri berdiri sejak tahun 1953 dan bermitra dengan BMW sudah lebih dari enam tahun.

 

Dalam pengaplikasian upgrade suara, Harman Kardon memiliki sejumlah teknologi seperti LOGIC 7 Surround Sound serta dipasang dengan tuning menyesuaikan ruang akustik mobil yang membuat jumlah speaker dan amplifier bisa berbeda di setiap serinya.

 

Harman Kardon juga audio system yang paling banyak dipakai di lini produk BMW antara seri-1 hingga seri-7 tergantung varian masing-masing. Tak kalah penting, Harman Kardon juga biasa ada di BMW M seperti M2 dan M4, sportscar Z4, hingga mobil listrik i3.

 

Bowers & Wilkins

 

(sumber: Bowers & Wilkins)

Bowers & Wilkins merupakan audio system OEM kasta tertinggi dilihat dari serinya. Pasalnya, Bowers & Wilkins ada di flagship BMW untuk masing-masing segmen, seperti Seri-7, X7, dan Seri-8 termasuk model M.

 

Untuk seri-7 dan X7 keluarn APM, hanya ada di varian tertingginya yaitu 40i Opulence, sementara varian paling rendahnya masih memakai Harman Kardon.

 

Sementara Seri-8, Bowers & Wilkins sudah menjadi standar untuk semua keluaran APM termasuk M8, baik Coupe maupun Gran Coupe.

 

Tentunya bukan semata karena dipasang di seri tertinggi BMW, tetapi juga dengan sejumlah teknologi Diamond Surround system seperti Nautilus™ spiral, Kevlar® and Rohacell® yang tujuannya tak lain memberi experience berbeda dari audio system OEM.

 

Tentunya dibuat dengan tuning menyesuaikan ruang akustik masing-masing mobil dengan target seperti berada di teater atau studio.

 

Bowers & Wilkins termasuk pemain lama dalam dunia audio namun lebih muda dari Harman Kardon karena berdiri sejak tahun 1966.

 

(Joule)