Biasa Upgrade Sportscar JDM, Elika Automotive Performance Juga Tangani Mobil Harian

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 26/Feb/2021 19:45 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta), 16 Februari 2021 – Pecinta mobil performa tinggi atau sportscar Jepang semestinya tidak asing lagi dengan bengkel yang satu ini yaitu Elika Automotive Performance.

 

Baca Juga:
JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

 

Baca Juga:
Rayakan 26 Tahun Eksistensi, Mega Audio Berikan Solusi Upgrade Audio Mobil Terkini

Pasalnya, bengkel di daerah Bursa Otomotif Sunter tersebut memang biasa mengerjakan upgrade sejumlah sportscar Jepang, seperti Nissan Skyline, Subaru Impreza, Mitsubishi Lancer Evolution, dan sebagainya, dimana performanya biasa dinikmati untuk akhir pekan.

 

Baca Juga:
Bidik Pemilik Mobil Modifikasi Harian, Garage One Adakan Meet-Up di Akhir Tahun 2023

 

Namun Elika Automotive Performance, yang berdiri sejak tahun 2010 dan pindah ke Bursa Otomotif Sunter sejak 2016 tersebut, juga turut mengerjakan upgrade mesin mobil harian, paling tidak usia modern.

 

“Fokus yang diutamakan itu adalah performance upgrade, tapi di mobil modern, mostly.” buka Davin, Pendiri Elika Automotive Performance kepada SoundandMachine.com di Bursa Otomotif Sunter (16/2/2021). “Saya banyak main di mobil Subaru sama Evo, mobil-mobil Mercy, BMW, intinya mobil modern.” tambahnya.

 

Ketika kami ke bengkelnya, Davin sedang menangani pelanggan yang minta ECU remapping untuk mesin mobil hariannya. Tanpa alat tambahan atau ganti komponen, Davin hanya optimalisasi ECU bawaan dimana alatnya hanya komputer dengan software khusus.

 

“Buat mobil harian kayak Fortuner atau Innova, yang dicari adalah optimal power-nya, jadi mobilnya bisa lebih laju dengan spek yang sama, standar gitu, jadi tidak perlu ganti tapi tenaganya bisa keluar 30-40%.” jelas Davin. “Bahkan mau ke 100% juga bisa dengan penambahan atau penggantian parts.” tambahnya.

 

 

Penggantian parts yang dimaksud tentunya sampai melibatkan komponen lain seperti cam, nozzle turbo, dan sebagainya. Sementara untuk komponennya, tidak terbatas pada merk tertentu dan menariknya, Elika Automotive Performance juga menjual produk buatan sendiri seperti downpipe.

 

 

 

Selain upgrade mesin, Elika Automotive Performance juga melayani dyno test dimana alatnya berada di ruko berbeda yang agak berjauhan dari bengkel.

 

Menariknya, di ruang dyno yang juga tempat remapping ECU, pelanggan bisa melihat langsung prosesnya dengan nyaman karena ada kaca di ruangan ber-AC yang notabene tempat untuk bertransaksi.

 

Kembali ke soal mobil JDM yang notabene akarnya Davin sebagai tuner, meski masih menjadi prioritas, pada dasarnya mau tidak mau harus bisa mengikuti arus.

 

“JDM itu kan mobil hobi, kita cukup paham karena saya juga dulu base-nya main dari mobil-mobil seperti itu. Kita cukup paham lah untuk performance upgrade mobil JDM, tapi trennya makin kemari kita lihat berubah ke mobil Eropa, jadi kita harus bisa.” tutup Davin.

 

(Joule)