Terlahir Kembali, Land Rover Defender Works V8 Trophy Gunakan Mesin yang Sangar

  • Oleh : ADV

Rabu, 03/Mar/2021 12:33 WIB


SoundandMachine.com (Inggris) - Sosok Defender merupakan salah satu produk dari Land Rover yang sangat melegenda di seluruh penjuru dunia. Keandalannya telah terbukti di beberapa event off-road terganas, bahkan di medan tempur.

Sayang, setelah beberapa dekade diproduksi tepatnya sejak awal 1990-an, produsen mobil asal Inggris itu telah memutuskan untuk menghentikan produksi Defender pada 2016 lalu. 

Baca Juga:
Makin Tangguh, Land Rover Rilis Defender Bermesin V8

Banyak penggemar yang merasa kecewa dengan keputusan tersebut. Menurut mereka, Defender merupakan sebuah mobil yang mereka impikan dan dapat memenuhi kebutuhan untuk melakukan perjalanan di berbagai kondisi jalan serta cuaca.

Siap hadapi segala medan

Sebagai obat kerinduan, divisi Land Rover Classic, baru saja 'melahirkan' kembali model Defender yang diberi nama Works V8 Trophy. Rencananya, mobil ini akan digunakan pada event kompetisi selama tiga hari yang berlangsung di Eastnor Castle pada akhir tahun ini.

Menariknya, mobil ini hanya dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas. Kabarnya, tak lebih dari 25 unit yang akan dibangun, dan Land Rover menyebut, mobil ini dibuat sebagai penghormatan atas enduring expedition legacy (warisan ekspedisi abadi).

Mesin sangar bertenaga besar

Semua 25 model yang dibuat, didasarkan pada Defender Works V8 2012-2016 yang direkayasa ulang. Sebagai tenaga penggerak, mobil tersebut menggunakan mesin bensin yang sangar berkapasitas 5.000 cc, tipe naturally aspirated.

Mesin berkapasitas sangat besar tersebut, sanggup menghasilkan tenaga sebesar 405 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi 515 Nm pada 5.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan, lantas disalurkan ke empat buah roda melalui transmisi otomatis ZF delapan percepatan (pistol shifter).

Selain itu, komponen suspensi, kemudi dan pengeremannya juga telah ditingkatkan secara khusus untuk penggunaan off-road. Juga ada kotak transfer dua kecepatan, diferensial depan dan belakang tipe heavy duty, dan diferensial torque-biasing centre.

Interior mewah

Berbicara bentuk bodi, Defender Works V8 Trophy tersedia dalam dua pilihan, yakni 90 dan 110 Station Wagon. V8 Trophy dijual secara eksklusif dalam cat Eastnor Yellow yang unik dengan roda baja 16 inci yang serasi. 

Agar tampilannya semakin 'hidup' Land Rover menyematkan aksen warna Narvik Black, yang digunakan pada lengkungan roda, kap mesin, dan pintu belakang. Agar semakin modern, di bagian lampu depan telah mengadopsi teknologi LED, untuk visibilitas terbaik.

Perlengkapan lainnya termasuk gril depan Heritage, logo Trophy di beberapa bagian, dan stiker grafis partisipasi acara kompetisi yang dipersonalisasi untuk setiap pelanggan. 

Ada juga winch depan, multi-point expedition cage, roof rack, pelindung bagian bawah bodi mobil, A-bar, raised air intake, lampu sorot LED, dan ban tipe mud-terrain yang andal untuk medan lumpur.

Masuk ke dalam, terdapat jok sport Recaro dengan jok kulit Windsor, lengkap dengan jahitan kuning kontras. Semakin ekslusif, tersedia juga jam Land Rover Trophy yang harus dipesan lebih dahulu oleh Elliot Brown, serta Sistem Infotainment Klasik dengan navigasi GPS yang terintegrasi perangkat seluler.

Seperti yang disebutkan di atas, Defender edisi terbatas tersebut akan mengikuti kompetisi off-road akhir tahun ini, di mana pelanggan dapat mengendarai mobil mereka untuk pertama kalinya. Di Inggris, tipe 90 dijual seharga £ 195.000 atau senilai Rp 3,8 miliar. (EPS)