Makin Tangguh, Land Rover Rilis Defender Bermesin V8

  • Oleh : edo

Selasa, 16/Mar/2021 13:56 WIB


SoundandMachine.com (London) - Bagi pecinta off-road, rasanya pasti kenal dengan Land Rover Defender. Mobil berkemampuan menembus segala medan yang legendaris tersebut, sejak awal kelahirannya pada awal tahun 90an hingga kini masih memiliki penggemar fanatik.

Beberapa waktu lalu Land Rover terpaksa harus mengakhiri produksi Defender dengan beberapa alasan. Namun pada akhir tahun 2019, Land Rover resmi menghadirkan Defender model terbaru, menggunakan body L663 yang dikembangkan dari konsep Defender DC100.

Baca Juga:
Cocok Bagi Pemula, Ini Parts Spek Cross Country TRD untuk Toyota Hilux

Saat diluncurkan, Land Rover menyediakan 3 pilihan mesin untuk Defender. Mulai dari mesin bensin 4 silinder (P300), 6 silinder (P400), dan mesin diesel 4 silinder (D200).

Baca Juga:
Terlahir Kembali, Land Rover Defender Works V8 Trophy Gunakan Mesin yang Sangar

Hadir dalam dua pilihan bodi

kini, untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan performa lebih, Land Rover akhirnya menghadirkan Defender yang dibekali mesin V8. Dinamai Defender V8, SUV ikonik itu hadir dalam dua gaya bodi, yakni 90 dan 110. 

Baca Juga:
Miliki Tenaga Hingga 1.825 HP, Bugatti Bolide Bakal Melesat Bak Bola Meriam

Tenaga yang dimiliknya berasal dari mesin bensin 5.000 cc supercharged V8 yang menghasilkan 525 HP dari putaran mesin 6.000 rpm hingga 6.500 rpm, dan torsi 625 Nm dari 2.500 rpm hingga 5.500 rpm. 

Kemampuan off-road makin mumpuni

Tenaga yang dihasilkan, lantas disalurkan keempat buah roda (all wheel drive) melalui transmisi otomatis delapan percepatan. Land Rover menyebut, edisi V8 ini secara khusus menampilkan fitur electronic active rear differential with dengan Yaw Controller untuk handling yang lebih gesit.

Mesin bertenaga besar

Memiliki tenaga dan torsi yang cukup besar tersebut, membuat Defender V8 mampu berlari dari posisi diam hingga 100 km / jam hanya dalam waktu 5,2 detik untuk Defender 90 V8 dan 5,4 detik untuk 110.

Bila pengemudi masih memiliki nyali untuk menginjak pedal gas lebih dalam, baik Defender 90 V8 maupun 110 mampu melesat hingga kecepatan tertinggi di angka 240 km / jam. Menariknya, kedua versi tersebut juga memiliki kemampuan menarik beban sampai 3.500 kg.

Sebagai pembeda dengan tipe lain, pada bagian eksterior Defender V8 dilengkapi lencana (emblem) V8 di beberapa tempat, quad exhaust pipes, velg 22 inci yang tersedia dalam finishing Satin Dark Grey, bersama dengan kaliper rem depan yang dicat dengan Xenon Blue.

Sementara di bagian interior, Defender V8 dilapisi kulit Ebony Windsor dengan aksen kain Dinamica dan Robustec. Roda kemudinya, mendapat trim Alcantara dengan paddle shift krom satin, berpadu dengan lapisan kulit pada rumah airbag dan tuas persneling. Keren ya! (EPS)