Tidak Dijual Via APM, Daihatsu Charade Generasi Keempat Ada di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 09/Mar/2021 19:30 WIB


SoundandMachine.com (Bekasi), 7 Maret 2021 – Daihatsu Charade yang beredar di Indonesia hanya sampai pada generasi ketiga atau dikenal sebagai Charade Winner atau Classy untuk model sedan.

 

Namun di Jepang sana, peredaran Charade sampai generasi keempat yang mulai produksi tahun 1993 sampai dengan 2000.

 

Charade generasi keempat memang tidak dijual lewat agen pemegang merk (APM) Daihatsu namun salah satu unitnya ada di Indonesia milik Helmie Sarosa, pemilik Kedai Built-Up, yang didapat dari Jakarta.

 

 

 

Eksterior Charade tersebut memakai parts versi DeTomaso, dimana Daihatsu pernah ada kerjasama dengan produsen sportscar tersebut, namun dengan pelek SSR 17 inci.

 

 

 

Sementara interior tampil standar karena OEM Charade DeTomaso jok depan memakai Recaro, setir Nardi, dan panel instrumen berwarna merah dengan logo DeTomaso yang ada di mobil Helmie.

 

 

Untuk mesin memakai 1.600 cc berkode HD-EG yang notabene OEM Charade DeTomaso dan terbesar di modelnya.

 

 

Namun Charade tersebut berspesifikasi pasar Jepang yang terlihat dari adanya flare di bagian bawah dasbor sebagai perlengkapan standar untuk memberi tanda di saat darurat.

 

Mengenai keberadaan unit di Indonesia, belum diketahui apakah ada Charade generasi keempat selain milik Helmie.

 

“Setahu saya baru saya model begini. Saya lagi cari juga siapa yang kira-kira pegang juga mobil kayak gini.” jelas Helmie kepada SoundandMachine.com di Kota Bintang, Kalimalang (7/3/2021).

 

(Joule)