Rayakan Usia Hampir Setengah Abad, Volkswagen Luncurkan Golf GTI Clubsport 45

  • Oleh : ADV

Rabu, 10/Mar/2021 19:56 WIB


SoundandMachine.com (Jerman) - Tak dapat dipungkiri, Golf GTI merupakan salah satu produk hatchback Volkswagen yang sangat legendaris. Golf GTI, pertama melakukan debutnya mulai 45 tahun yang lalu. 

Awalnya, produsen otomotif asal Jerman tersebut hanya akan memproduksi Golf GTI sebanyak 5.000 unit saja. Namun melihat respon pasar yang sangat baik, Volkswagen terus menambah jumlah produksinya. Hingga saat ini, Golf GTI telah terjual hingga lebih dari 2,3 juta unit.

Baca Juga:
Lebih Merangkul Para Pemilik Volkswagen, The Elite Adakan Meet-Up Morning Drivers Club Jelang Puasa

Sebagai bentuk perayaan usianya yang hampir mencapai setengah abad, Volkswagen meluncurkan versi edisi terbatas yang disebut Golf GTI Clubsport 45. Sesuai dengan namanya, model edisi eksklusif ini didasarkan pada Golf GTI Clubsport.

Baca Juga:
Usung Konsep Experience Showroom Multi Brand, Indomobil Plaza Hadirkan Lima Merek di IIMS 2023

Interior sporty

Sebagai tenaga penggerak, mobil kompak tersebut dibekali mesin empat silinder EA888 evo4 2.000 cc turbocharged. Mesin tersebut, sanggup menghasilkan tenaga hingga 300 hp dan torsi 400 Nm. 

Baca Juga:
Ada Ekstra Garansi Lebih Panjang, Volkswagen Gelar Flash Ramadhan Sale

Tenaga dan torsi yang cukup besar itu, lantas disalurkan ke roda depan melalui transmisi dual-clutch DSG tujuh percepatan. Di atas kertas, Golf edisi khusus tersebut dapat berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari enam detik.

Model Clubsport ini juga 15 mm lebih rendah dari GTI standar, dan sedikit lebih lembut untuk mengatasi permukaan bergelombang di sirkuit Nürburgring Nordschleife. Dari segi tampilan, sebagai pembeda dari Golf standar, versi Clubsport 45 mendapatkan atap dan spoiler belakangnya yang dicat warna hitam. 

Tampilan makin menarik

Hal ini merupakan sebuah bentuk penghormatan kepada jendela belakang berbingkai hitam dari Golf GTI pertama. Lalu, Volkswagen juga menyematkan Race Package, yang menampilkan velg Scottsdale 19 inci dengan garis-garis Tornado Red sebagai standar. 

Race Package juga mencakup sistem knalpot sport dan penghapusan pembatas kecepatan. Angka 45 ditampilkan di side sill panel, dan lencana GTI pada posisi jam enam di roda kemudi, telah diganti dengan lencana 45. Anda juga akan menemukan tulisan GTI di sandaran kursi depan tipe sport. 

Sementara aksen merah yang digunakan di kabin, kurang lebih sama dengan yang ada di GTI Clubsport standar. Fitur lainnya, Golf edisi khusus ini dilengkapi layar instrumen Digital Cockpit 10,25 inci dengan grafis unik, layar sentuh 10 inci untuk sistem navigasi, dan sistem pencahayaan ambient 30 warn.

Rencananya, Volkswagen akan memasarkan Golf GTI Clubsport 45 di Eropa mulai 1 Maret 2021. Sementara untuk harga, mulai dari 47.790 euro atau sekitar Rp 819 jutaan. (EPS)