Perodua Ativa Diluncurkan, Pertanda Daihatsu New Global Architecture Sudah Ekspansi Global

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 10/Mar/2021 17:00 WIB


SoundandMachine.com (Malaysia), 3 Maret 2021 – Platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) sudah berekspansi secara global melalui peluncuran SUV kompak Perodua Ativa.

 

Baca Juga:
Menuju Sertifikasi Juri, Car Audio Network Sukses Adakan Hari Ketiga Global Training 2023

Ativa, yang berbasis Daihatsu Rocky dengan platform DNGA, merupakan versi merk lokal dari saudara Daihatsu di Malaysia yaitu Perodua.

 

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2023: Alpine Style Sulap Toyota Hiace dan Raize Jadi Mobil Bergaya Retro

 

Baca Juga:
Hanya Ganti Emblem Daihatsu Rocky, Subaru Rex Bersaing di Segmen Small SUV di Jepang

(sumber: Perodua)

Platform DNGA yang dipakai bukan hanya eksterior-interior serta sasis tetapi juga sampai pada mesin yaitu 1KR-VET dengan transmisi D-CVT dan penggerak depan hingga fitur Smart Assist dengan nama lokalnya yaitu Advanced Safety Assist.

 

Hanya saja menyesuaikan pasar Malaysia, Perodua melakukan sedikit ubahan yang membuatnya berbeda dengan Rocky ataupun kembarannya, Toyota Raize. Selain itu agar harga lebih terjangkau, Ativa dirakit di Perodua Global Manufacturing yang berada di Rawang, Selangor, Malaysia.

 

DNGA telah mengadopsi "perencanaan dan pengembangan kolektif" yang berbagi konsep desain dari kendaraan mini hingga mobil kompak, sambil berbagi basis sebagai produk global untuk kebutuhan lokal.

 

Oleh karena itu Daihatsu berencana untuk terus mengembangkan produk DNGA ke luar Jepang dan produk DNGA akan lebih banyak lagi yang tersedia sehingga meningkatkan daya saing.

 

Di Indonesia, Daihatsu sudah sounding DNGA melalui display Daihatsu Tanto dalam pergelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 sebagai mobil pertama dengan platform tersebut.

 

Dalam waktu dekat, DNGA akan hadir di Indonesia melalui peluncuran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

 

(Joule)