Nissan Pakai Teknologi Baru untuk Restorasi Skyline GT-R R32

  • Oleh : Julfikri

Senin, 15/Mar/2021 15:30 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 15 Maret 2021 – Nissan melalui program Nismo Heritage Parts, memakai teknologi terbaru dual-sided dieless Forming dan 3D printing untuk restorasi sportscar-nya yaitu Nissan Skyline GT-R R32.

 

Baca Juga:
Layani Para Penggunanya yang Mudik, Bengkel Resmi Nissan Tetap Buka di Hari Libur Lebaran 2024

(sumber: Nissan)

Baca Juga:
Tingkatkan Daya Saing Secara Global, Nissan Motor Corporation Luncurkan Strategi Bisnis Baru

Dual-sided dieless forming merupakan teknologi yang memungkinkan pencetakan bentuk kompleks melalui penggunaan robot di alat cetak yang menekan ke sisi berlawanan dari lembaran baja secara bertahap mengubah dan membuat bentuk panel.

 

Baca Juga:
Diskon Hingga 60 Persen, Nissan Kembali Adakan Promo Spesial Bulan Ramadhan 2024

Metode tersebut sudah dengan prototipe yang mengerahkan para pekerja terampil lembaran logam untuk proses pembentukan tanpa pelumas dua sisi dengan alat diamond coating sebagai dasarnya.

 

Metode dengan teknologi tersebut ditujukan untuk volume produksi rendah, dan Nissan memakainya untuk memproduksi panel belakang untuk R32 Skyline GT-R yang notabene bagian dari program restorasi Nismo Heritage Parts.

 

(sumber: Nissan)

Sementara teknologi 3D print dikembangkan bersama dengan perusahaan Solize Corporation untuk menghasilkan pelindung yang terbuat dari resin pada harness di R32 Skyline GT-R.

 

Dengan kerja sama pemasok bodi harness, Nissan mendesain ulang suku cadang dan melakukan uji performa yang beradaptasi dengan 3D print, sehingga membuat waktu pembuatan yang lebih singkat untuk produksi suku cadang berstandar tinggi.

 

Dari hasil kerja sama antar pemasok, tercipta sebuah suku cadang berkualitas sebagaimana kewaiban bagi Nissan, termasuk untuk produk yang sudah dihentikan produksinya.

 

(Joule)