Hanya 90 Unit, Toyota Luncurkan GR Supra Jarama Racetrack Edition

  • Oleh : ADV

Selasa, 16/Mar/2021 16:02 WIB


SoundandMachinne.com (Tokyo) - Produsen mobil asal Jepang, Toyota, baru saja telah merilis model edisi khusus dari salah satu sport car andalannya, yakni GR Supra, yang diberi nama Jarama Racetrack Edition. 

Toyota menyebut, GR Supra Jarama dibuat untuk konsumen mereka di wilayah Eropa. Jarama sendiri merupakan nama sebuah sirkuit di Spanyol, yang terletak di utara Madrid. Sirkuit tersebut adalah tempat Supra terlahir kembali untuk pertama kalinya dan dikendarai oleh media dunia.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Jadi, model baru ini dimaksudkan untuk merayakannya. GR Supra Jarama Racetrack Edition hadir dengan mesin bensin 3.000 cc turbocharged enam silinder. Mesin tersebut, dapat menghasilkan tenaga sebesar 335 HP dan torsi 500 Nm. 

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Tenaga yang cukup besar tersebut, lantas disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis delapan percepatan. Hasilnya, Supra Jarama mampu berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 4,3 detik.

Bila pengemudi masih memiliki adrenalin lebih untuk menginjak pedal gas lebih dalam, GR Supra Jarama Racetrack Edition mampu menembus kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik di angka 250 km/jam. 

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Sebenarnya, performa yang dimiliki GR Supra edisi khusus ini tidak berbeda dari GR Supra biasa. Namun versi Jarama, mendapat sejumlah sentuhan unik untuk membuatnya menonjol.

Pertama, ada lapisan cat Horizon Blue, yang kontras dengan satu set velg forged 19 inci dalam balutan warna hitam matte dan kaliper rem bercat merah. Di bagian dalam, kabin GR Supra Jarama mendapat dasbor dengan aksen serat karbon.

Di bagian dasbor tersebut juga terdapat nomor unit dalam produksi Eropa, serta peta garis sirkuit Jarama dan logo Toyota GR Supra. Interiornya juga menggunakan jok Alcantara hitam dengan jahitan biru. Menariknya, jok tersebut dapat diatur secara otomatis dan dilengkapi dengan fungsi memori serta pemanas. 

Fitur canggih lain yang menjadi perlengkapan standar ialah navigasi satelit dengan pemetaan 3D, integrasi smartphone (Android Auto dan dukungan Apple CarPlay), Supra Connect, sistem audio 10-speaker, dan layar sentuh infotainment 8,8 inci.

Dari sisi keselamatan, Toyota menyematkan teknologi Supra Safety + Package mencakup Pre-Collision System dengan deteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda, Lane Departure Alert, Adaptive Cruise Control dengan fungsi stop-and-go, dan sistem lampu depan adaptif. 

Rencananya, Toyota hanya akan membuat GR Supra Jarama Racetrack Edition hanya 90 unit saja. 30 unit di antaranya akan dijual di Inggris Raya. Sementara untuk informasi harga dan pesanannya baru akan diumumkan pada akhir tahun ini. (EPS)