Lagi Tren, Mengenal Komponen Car Audio Plug and Play Venom

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 25/Mar/2021 21:00 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta), 24 Maret 2021 – Seperti sektor lainnya, tren modifikasi akan terus berubah, tak terkecuali dalam dunia car audio.

 

Baca Juga:
Era Plug and Play, Produsen Audio Jepang Bentuk Database Kecocokan Komponen

Untuk sekarang ini, era modifikasi audio adalah mengikuti OEM dan oleh karena itu sejumlah manufaktur komponen mulai memproduksi tipe plug and play atau pasang sesuai instruksi khusus mobil tertentu, termasuk Venom sebagai merk lokal.

 

Alasan Venom membuat komponen audio plug and play tak lain karena setiap mobil berbeda sehingga ketika produk tersebut sudah jadi, hanya perlu dipasang mengikuti instruksi.

 

“Walaupun sama-sama Toyota-pun berbagai seri, berbagai tipe, kadang-kadang berbeda.” buka Irwan ‘Abbay’ Kesuma, Founder Venom kepada SoundandMachine.com di Venom Auto Garage (24/3/2021).

 

Semenjak dirancang pas untuk masing-masing mobil, tentunya dengan komponen plug and play akan memudahkan siapapun untuk memasangnya selama mengikuti petunjuk.

 

 “Harapan kita adalah mengurangi kesalahan-kesalahan manusia atau human error. Installer atau toko-toko yang kerja di aksesoris, lebih memudahkan untuk memasangkan produk.” tambah Abbay.

 

Menurut Abbay, setidaknya ada beberapa problem yang mendasari mengapa komponen plug and play audio perlu dibuat.

 

Pertama, kabel dari head unit ke prosesor setiap mobil bisa berbeda. Oleh karena itu Venom lakukan riset dan pengembangan bagaimana supaya produk khusus mobil tersebut bisa terwujud setidaknya tanpa perlu potong kabel.

 

Kedua adalah speaker yang notabene bukan hanya soal kualitas suara tetapi juga dudukannya, kendati mobil tersebut merknya sama. Apabila dudukannya tidak pas, berarti perlu buat sendiri mountingnya.

 

Kemudian subwoofer seperti subwoofer kolong, subwoofer box, dan subwoofer ban serep. Untuk subwoofer ban serep, tidak semua mobil bisa ditaruh di dalam.

 

Saat ini Venom sudah membuat komponen plug and play untuk sejumlah mobil dari merk populer seperti Toyota, Honda, Mitsubishi, dan sebagainya dengan jumlah cukup banyak hingga membentuk database di website resmi agar memudahkan pencarian.

 

Ke depan, Venom akan membuat komponen plug and play untuk mobil Eropa.

 

“Kita lagi research and development untuk mobil -mobil seperit BMW dan Mercedes-Benz.” tutup Abbay.

 

(Joule)