Diracik Mega Audio, Upgrade Sound System Mini Countryman Bisa Pakai Focal Plug and Play BMW

  • Oleh : Julfikri

Senin, 09/Okt/2023 14:00 WIB
Mini Countryman dengan upgrade audio plug and play Focal Inside khusus BMW oleh Mega Audio. Mini Countryman dengan upgrade audio plug and play Focal Inside khusus BMW oleh Mega Audio.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Focal memiliki lini plug and play (PNP) atau Focal Inside khusus brand mobil tertentu, salah satunya adalah BMW. Namun jangan salah, meski namanya khusus BMW, produk Focal Inside juga bisa dipakaikan ke Mini.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Salah satunya Mini Countryman, yang bisa dipakaikan Focal Inside untuk menggantikan speaker maupun subwoofer standarnya, dan itu sudah dilakukan oleh gerai Mega Audio di mobil milik salah satu pelanggannya.

Adapun komponen Focal Inside yang dipakaikan ke Countryman terdiri dari speaker 2-way IS BMW 100L untuk staging depan, speaker 2-way coaxial IC BMW 100L untuk staging belakang, dan I SUB BMW-4 yang menggantikan subwoofer standar di bawah jok depan.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

“Karakter Focal kuat suaranya, solid, detailnya bagus. Kalau kita tambahin processor lebih oke lagi.” buka Regan Andrew, Instalatur Mega Audio kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di gerainya (21/7/2023).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Speaker IS BMW 100L dan juga IC BMW 100 L memiliki neodymium engine dan Aluminium / Magnesium inverted dome tweeter yang membuat suaranya lebih kuat dan jelas.

Berhubung PNP, tentunya speaker tersebut sudah tinggal ganti komponen standarnya saja. Akan tetapi Countryman milik customer Mega Audio tersebut membutuhkan pekerjaan custom boks untuk penempatan tweeter-nya.

“Countryman ini (variannya) bukan yang (audio standar) Harman. Untuk housing tweeter-nya memang harus custom karena gak ada tempat tweeter aslinya.” jelas pria yang bekerja di daerah Green Garden, Jakarta Barat.

Sementara untuk subwoofer I SUB BMW-4, memiliki neodymium dan impedance 4 Ohm yang membuat suara bass-nya lebih kuat. 

Selain itu, subwoofer tersebut juga dirancang pas dengan adanya spacer yang bisa diintegrasikan ke dudukan dari OEM Countryman, tepatnya di bawah jok pengemudi.

Sekedar informasi, Countryman satu platform dengan BMW X1, dan subwoofer di bawah jok sudah menjadi ciri khas mobil berplatform BMW.

Dengan demikian, Focal Inside BMW jelas layak menjadi pilihan bagi pemilik Countryman yang ingin audionya lebih baik dari standar. (Joule)