Selamatkan Banyak Nyawa, Mercedes-Benz Telah Gunakan Airbag Sejak 40 Tahun Lalu

  • Oleh : ADV

Jum'at, 26/Mar/2021 13:42 WIB


SoundandMachine.com (Stuttgart) - Bisa dibilang, hampir semua mobil keluaran terbaru, saat ini telah dilengkapi dengan teknologi keselamatan berupa kantong udara atau yang kerap disebut airbag dan pengencang sabuk pengaman (seat belt tensioner).

Ternyata, kedua fitur tersebut merupakan hasil inovasi dari Mercedes-Benz yang muncul pertama kali pada bulan Desember 1980. Pada saat itu, kedua teknologi itu juga dikenal sebagai inovasi di bidang keselamatan terbaru dan mutakhir dari Mercedes-Benz.

Baca Juga:
Perluas Pangsa Pasar, Toyota Hadirkan Ragam Kendaraan Fleet dan Komersial Terbaru

Pabrikan berlogo bintang tersebut mempresentasikan airbag pengemudi dan pengencang sabuk pengaman kepada publik di Geneva Motor Show 1981. Kombinasi dari kedua sistem itu, pada awalnya hanya tersedia untuk S-Class dan SEC Coupes sebagai fitur opsi.

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Ide dasar tentang airbag sendiri diusungkan oleh seorang penemu Walter Linderer. Pada tahun 1950-an, Walter telah merancang apa yang dia gambarkan sebagai "wadah tiup dalam keadaan terlipat, yang secara otomatis mengembang jika ada bahaya". 

Pada 6 Oktober 1951, Walter yang memiliki tempat kelahiran di Munich, mengajukan paten "perangkat untuk melindungi orang di dalam kendaraan dari cedera jika terjadi tabrakan" ke Kantor Paten Jerman. 

Baca Juga:
Dibuka Fitra Eri, Gerai Aksesoris Aftermarket Mobil Otoproject Garage Kini Hadir di Kota Bandung

Meskipun dalam aplikasinya Linderer secara tepat menjelaskan prinsip airbag, persyaratan teknis untuk sensor dan juga untuk pembangkit gas cepat tidak ada pada masa itu. 

Udara tekan konvensional tidak cocok untuk menghasilkan tekanan yang diinginkan karena membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk mengembangkan airbag. Bahan elastis dan sangat tahan robek yang diperlukan untuk membuat airbag juga tidak tersedia pada saat itu. 

Hal ini tetap terjadi selama beberapa tahun. Kemudian, Mercedes-Benz kembali ke ide airbag pada tahun 1966 dan memulai uji coba awal untuk menghasilkan gas yang efektif pada tahun 1967. 

Hingga pada akrhinya, paten untuk "perangkat perlindungan benturan untuk penumpang kendaraan" (Paten No: DE 21 52 902 C2) diajukan oleh Daimler-Benz AG pada Oktober 1971.

Airbag merupakan hasil kolaborasi dari Daimler-Benz AG dan Bosch. Lebih dari 100 unit S-Class model 126, disematkan dengan sistem keselamatan terbaru dan diluncurkan dari jalur perakitan pada bulan Januari dan Februari 1981. 

Pada tahun 1992, airbag pengemudi merupakan perlengkapan standar di semua model Mercedes-Benz, dan diikuti oleh airbag penumpang depan sebagai standar dalam fitur keselamatan di tahun 1994. 

Banyak varian airbag lain mengikuti di tahun-tahun berikutnya dan bantalan pelindung yang menggembung ini, yang dipasang di berbagai posisi di kendaraan, telah lama menjadi bagian yang tak terpisahkan dari konsep keselamatan integral Mercedes-Benz. (EPS)