Cara Mudah Menguasai Seluruh Fitur Kendaraan dari Manual Book

  • Oleh : ADV

Senin, 29/Mar/2021 13:37 WIB
Ilustrasi manual book Ilustrasi manual book

SoundandMachine.com (Jakarta) - Membeli mobil baru, biasanya pabrikan turut menyertakan buku panduan pemakaian atau manual book untuk para konsumennya, agar lebih paham dalam mengoperasikan segala fitur yang ada di mobil.

Sayangnya, banyak pemilik mobil sering kali mengabaikan pentingnya buku panduan tersebut. Padahal, manual book sangat berguna untuk menyampaikan informasi penting pada konsumen. 

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Samsudin, Aftersales Support PT Astra International mengatakan, manual book wajib untuk dibaca, apalagi bila mobil sudah dilengkapi fitur dan kelengkapan yang mengadopsi teknologi dengan perangkat komputer canggih. 

"Fungsi manual book cukup signifikan terhadap penjualan sebuah produk. Manual book dapat membantu konsumen non-teknisi untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan ahli," kata Samsudin.
 
Misalnya, ketika mendapati masalah terkait produk, konsumen dapat membuka manual book terlebih dahulu, sebelum memutuskan apakah harus untuk pergi ke bengkel. Manual book bermanfaat untuk memberikan jawaban cepat kepada si pemilik saat bermasalah atau adanya pertanyaan yang tentang produk tertentu. 

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Fitur makin canggih, konsumen wajib paham cara penggunaannya

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Pengguna dapat mencari informasi tentang fitur dari suatu produk. Selain itu, bagaimana cara menyelesaikan masalah ketika mendapatinya. Lalu, perlukah membaca manual book secara keseluruhan? 

"Mungkin tidak perlu, cukup melihat daftar isi. Setelah menemukan halaman yang tepat, konsumen silahkan membaca halaman sekilas untuk melihat apakah berisi informasi yang dibutuhkan," jelas Samsudin.

Sebagian besar manual book berisi panduan tertulis dan gambar terkait dalam bentuk ilustrasi sederhana. Bahasa yang digunakan pun disesuaikan dengan audiensnya, dengan menjaga seminimal mungkin isi, namun tetap menjelaskan secara menyeluruh.

"Isi manual book biasanya terdapat informasi terpenting dan detail seperti instruksi keselamatan, instruksi instalasi, identifikasi masalah, instruksi pengaturan, spesifikasi umum produk serta instruksi perawatan dan pemecahan masalah. Sehingga konsumen tak perlu khawatir jika mendapati masalah di jalan," tuturnya.

Selain itu, di manual book juga tersedia infomasi Lokasi Pusat Layanan. Tujuannya bila ada masalah memerlukan perbaikan oleh teknisi resmi pabrikan. Untungnya, seiring berkembang zaman perangkat digital modern hadir selain manual book. 

"Beberapa manual book untuk perangkat komputer disediakan dalam bentuk CD, atau aplikasi (Mypeugeot) diunduh melalui App Store atau Google Play," pungkas Samsudin. (EPS)