Model Baru Hino di Awal 2021: Truk Sasis Panjang dan Bus Suspensi Udara

  • Oleh : anto

Rabu, 07/Apr/2021 10:15 WIB


Soundandmachine.com (Tangerang) – Mengawali tahun 2021 ini, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan dua produk terbarunya sekaligus secara offline dan online pada 6 April 2021.

 

Baca Juga:
Gandeng Karoseri Adiputro, Bus Baru Hino R 260 Dibekali Suspensi Udara

Yakni, Hino Ranger FLX 260 JW (8×2) untuk kelas medium duty truck dan bus Hino R 260 AS (Air Suspension) yang telah dilengkapi suspensi udara di keempat titik rodanya.

 

Baca Juga:
Truk Baru Hino Ranger FLX 260 JW Jadi Sasis Terpanjang di Kelasnya

Hino Ranger FLX 260 JW 8x2 memiliki bodi ekstra panjang hingga 9.7 meter yang diklaim menjadi yang terpanjang di kelasnya.

 

Sehingga digadang mampu membawa muatan yang maksimal secara lebih stabil dan kuat karena pendistribusian beban menjadi lebih merata.

 

Dengan memiliki empat sumbu roda, truk ini merupakan solusi bagi pebisnis untuk memaksimalkan keuntungan, namun tetap sesuai dengan regulasi Over Dimension Over Loading (ODOL).

 

Truk ini ditujukan untuk pasar logistik atau kargo karena dapat meningkatkan efisiensi biaya operasional dengan kapasitas volume dan muatan lebih besar. Sehingga pengiriman barang dapat dimaksimalkan dengan sekali pengiriman.

 

“Efisiensi logistik dan ekosistem yang terintegrasi sangat dibutuhkan untuk Indonesia dapat terus bersaing dengan negara lain,” buka Masato Uchida, President Director HMSI di Hino Total Support Centre, Jatake – Tangerang yang jadi lokasi peluncuran.

 

Menurutnya, sebagai market leader medium duty truck di Indonesia, Hino turut membantu memperlancar arus logistik dengan menghadirkan produk yang terbaik atau biasa disebut ‘best fit product’.

 

Kemudian, Hino Bus R 260 AS telah dibekali mesin tangguh yang mampu menghasilkan tenaga 260 PS dan torsi 76 kgm / 1.500-rpm lewat transmisi 6-percepatan.

 

Keunggulan utama bus ini terletak pada sistem suspensi yang menerapkan wide air suspension untuk menjawab kebutuhan konsumen terhadap transportasi yang nyaman bagi penumpang dan terutama untuk jarak tempuh yang jauh.

 

Penyematan perangkat ini mampu menghasilkan peredaman getaran yang lebih baik karena menggunakan udara sebagai fluidanya, sehingga mengurangi kebisingan dan getaran dan menambah kenyamanan selama perjalanan.

 

“Bus bersuspensi udara ini merupakan kolaborasi pengembangan antara Hino dan Karoseri Adiputro, dimana proses produksi air suspension dan quality control-nya telah disesuaikan dengan standar Hino,” lanjut Uchida.

 

Beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia terus fokus dalam pembangunan infrastruktur. Sejumlah ruas jalan tol di tanah air yang mencapai ribuan kilometer saat ini sudah beroperasi dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan sangat mendukung efisiensi logistik.

 

Kehadiran dua model baru Hino ini diharapkan dapat mendukung ekosistem Logistik yang sedang dikembangkan oleh pemerintah berjalan dengan lancar, baik itu untuk barang maupun penumpang.

 

Karena keduanya kini dilengkapi fitur Hino Connect yaitu telematics system untuk membantu kinerja operasional bisnis pelanggan. Seperti melihat lokasi kendaraan melalui GPS, catatan kendaraan ketika beroperasi serta service reminder dan vehicle rule. Hino semakin inovatif. (anto)