Pengalaman Puluhan Tahun, InCar Siap Jadikan Kabin Mobil Makin Eksklusif

  • Oleh : edo

Kamis, 08/Apr/2021 15:21 WIB


SoundandMachine.com (Surabaya) - Selain eksterior, interior (kabin) juga menjadi bagian penting dalam sebuah mobil. Apalagi, saat berkendara pastinya akan merasa lebih nyaman saat interior dalam kondisi bersih dan rapih.

Berbicara soal kerapihan interior, banyak pemilik mobil yang lantas meningkatkan estetikanya (upgrade) dengan mengganti material dan desain jok mobil bawaan. Terkadang, mereka pun kerap melakukan modifikasi pada bentuk jok yang ada pada mobilnya di seatmaker langganan.

Di antara banyaknya seatmaker di Indonesia, terselip nama InCar Car Interior Spesialist asal Surabaya, yang sudah terkenal piawai dalam membuat jok mobil berkualitas. Bahkan, gerai yang dinahkodai oleh pria bernama Arief tersebut, sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

"InCar itu dimulai dari tahun 1995. Awalnya hanya gerai modifikasi audio. Lalu setelah jalan sekitar 3 tahun, kami memfokuskan diri pindah ke interior mobil," kata Ko Ie Ie panggilan akrab Arief, saat ditemui SoundandMachine.

Lebih lanjut ia mengatakan, tak hanya jok, semua bagian yang ada di dalam mobil bisa ia modifikasi atau upgrade sesuai keinginan pemilik, termasuk plafon dasbor, dootrim hingga karpet.

Saat SoundandMachine melihat jok hasil garapan InCar, terlihat jahitan yang sangat presisi, serta pola yang tidak terbayangkan sebelumnya. Pantas saja, Ko Ie Ie layak disebut Trimmer.

"Trimmer itu bisa dibilang pengerajin yang punya keahlian di bidang interior. Ibaratnya designer, yang sangat ahli membuat baju, pasti hasil garapannya akan beda dengan baju yang diproduksi massal di toko," jelas pria ramah tersebut. 

Berkat hasil pengerjaan yang selalu memuaskan, serta kualitas yang terus terjaga, konsumen pun tak hanya datang dari sekitar Surabaya, melainkan dari seluruh Indonesia. 

"Banyak konsumen yang datang dari luar pulau, dari seluruh indonesia. Buat konsumen dari luar kota, biasanya kita janjian dari beberapa hari sebelumnya, sehingga pagi bisa masuk sore selesai, kalau pengerjaannya gak berat," ungkapnya.

Desain jok pun bisa dibuat sebebas mungkin, mengikuti selera atau keinginan dari konsumen. "Sekarang banyak di dukung media sosial, mereka punya keinginan sendiri lalu kirim gambar," tutur pria penggemar otomotif tersebut.

Bila ada pengerjaan jok custom dengan desain yang rumit, tak jarang pria yang juga mengkoleksi diecast tersebut turut memberi masukan ide. "Bahkan ada istilah, kalau pasang di InCar jangan pasang yang standar, harus yang beda. Sebab, kalau standar di luar banyak, tapi untuk desain khusus wajib di Incar," kekehnya.

Mengikuti perkembangan zaman, serta untuk menghasilkan pola jahitan yang lebih rapih, InCar saat ini juga menggunakan teknologi canggih dengan alat bernama Computer Numerical Control (CNC). Menggunakan alat itu, proses pengerjaan pun bisa lebih cepat.

"Mesin khusus CNC juga dipakai oleh pengrajin (intrior) dunia, termasuk Rusia. Hasilnya lebih bagus, lebih detail, karena tidak semua jahitan bisa rapih dengan cara dijahit tangan," paparnya.

Lantas bagaimana dengan biaya pembuatan jok di InCar? "Kisaran harganya mulai dari Rp 3,5 juta sampai Rp 8 juta untuk material sintesis dan micro fiber leather. Namun untuk leather asli, biayanya mulai dari Rp 13 jutaan," ujar Ko Ie Ie.

Menariknya, tak hanya mobil pribadi, namun pria yang memiliki banyak kamera antik di ruang kerjanya itu, juga kerap menerima pesanan pembuatan jok bus mewah, hingga restorasi interior mobil klasik.

"Kalau untuk bus kita rekanan dengan karoseri. Untuk restorasi interior mobil klasik, kita juga sering kerjakan. Tak hanya jok, kita juga bisa merestorasi tombol-tombol di dasbor, yang logo atau tandanya sudah pudar dimakan usia. Bahkan juga bisa rubah warna," pungkasnya. 

Buat kawan SoundandMachine yang penasaran dengan hasil garapan Incar, bisa pantau di akun instagram @incar_car_Interior, atau bila mau main langsung, alamatnya adalah Pertokoan Klampis Megah Blok A/7, JL. Klampis Madya I Utara 7, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. (EPS)