Sportscar Toyota GR 86 Terungkap, Ini Bedanya dengan Subaru BRZ

  • Oleh : Julfikri

Senin, 12/Apr/2021 14:14 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Terungkapnya sportscar Toyota GR 86 atau 86 generasi kedua di dunia maya, membuat perbedaan dengan kembarannya yaitu Subaru BRZ juga terlihat.

Pasalnya, BRZ sudah lebih dulu diumumkan oleh Subaru yang menariknya tidak berbarengan dengan Toyota dengan GR 86 sehingga timbul pertanyaan, termasuk dalam hal perbedaan.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Perbedaan tersebut tentunya lebih dari sekedar logo yang mempertegas bahwa GR 86 dan BRZ merupakan produk kolaborasi, bukan rebadge.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

 

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

 

Subaru BRZ (foto: Subaru)

Toyota GR 86 (foto: Toyota)

Dimulai dari desain bumper depan BRZ yang seperti mulut tersenyum, sementara GR 86 terlihat menganga. Lampu depan juga terlihat berbeda dengan Daytime Running Light BRZ berbentuk sekitar tigaperempat batoknya, sementara GR 86 sekitar setengahnya.

 

Warna batok spion juga menjadi pembeda semenjak GR 86 berwarna hitam, sedangkan BRZ sebagian sewarna bodi.

 

Interior Subaru BRZ (foto: Subaru)

Interior Toyota GR 86 (foto: Toyota)

Interior untuk saat ini berdasarkan foto rilis dari pabrikan, perbedaan antara BRZ dan GR 86 hanya di aksen warna pada door trim. seperti GR 86 berwarna merah, sementara BRZ sewarna.

 

Pasalnya, belum diketahui apakah setelah rilis nanti ada varian GR 86 yang interiornya tidak ada aksen warna, begitupun sebaliknya untuk BRZ.

Interior Subaru BRZ (foto: Subaru)

Interior Toyota GR 86 (foto: Toyota)

Sementara desain tombol starter tentunya berbeda karena menyesuaikan masing-masing brand, seperti GR 86 karena Toyota Gazoo Racing memakai emblem “GR”, sementara BRZ cukup tulisan Start Stop Engine.

Aspek engineering seperti mesin, kaki-kaki, sasis, struktur bodi hingga teknologi keselamatan, baik GR 86 maupun BRZ, sama sehingga mempertegas bahwa pembuatan sportscar tersebut dari hasil kolaborasi.

Mesin Subaru BRZ (foto: Subaru)

Mesin Toyota GR 86 (foto: Toyota)

Engineering tersebut saling berbagi teknologi antar brand, seperti misalnya mesin boxer dari Subaru, sementara Direct fuel injection and port injection system (D-4S) dari Toyota.

Toyota GR 86 (kiri) dan Subaru BRZ (kanan) (foto: Subaru)

Untuk saat ini bisa disimpulkan bahwa perbedaan GR 86 dan BRZ lebih bersifat kosmetik untuk menyesuaikan konsep atau identitas masing-masing brand dalam penentuan mobil.

 

(Joule)