Land Rover Defender Ini, Akan Mengantar Pangeran Philip ke Peristirahatan Terakhir

  • Oleh : ADV

Selasa, 13/Apr/2021 17:42 WIB
Land Rover 130 Gun Bus (ist) Land Rover 130 Gun Bus (ist)

SoundandMachine.com (Inggris) - Kerajaan Inggris saat ini masih dalam suasana berduka, setelah Pangeran Philip yang merupakan suami Ratu Elizabeth II tutup usia pada Jumat 9 April 2021. 

Pangeran Philip, yang bergelar Duke of Edinburgh tersebut, mengembuskan napas terakhir dalam usia 99 tahun. Saat ini, jenazahnya masih disemayamkan di Kastil Windsor. Menurut rencana, seperti dilansir dari BBC, prosesi pemakaman rencananya akan digelar pada Sabtu (17/04) pukul 15.00 waktu setempat.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Kabarnya, jenazah akan dibawa ke tempat peristirahatan terakhir, menggunakan mobil Land Rover Defender yang telah dimodifikasi khusus. Seperti diketahui, keluarga kerajaan Inggris memang lekat dengan produk-produk Land Rover.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Sejak muda, baik Pangeran Philip maupun ratu Elizabeth, kerap melakukan aktivitas bersama menggunakan Range Rover maupun mobil buatan Land rover lainnya. Satu hal yang menarik dari mobil jenazah nanti, ternyata Land Rover Defender tersebut didesain sendiri oleh Pangeran Philip.

"Peti mati yang membawa jenazah Duke of Edinburgh, yang meninggal minggu lalu pada usia 99 tahun, akan dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya di Frogmore Gardens, di halaman Kastil Windsor, dengan menggunakan custom Defender 130 Gun Bus," tulis laman The Drive. 

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Gun Bus berwarna hijau tersebut dibuat dengan tangan oleh Foley Specialist Vehicle (FSV) dan dikirim ke rumah pribadi ratu, Sandringham Estate, pada tahun 2016. Dibuat dengan spesifikasi yang tepat dari Pangeran Philip, model ini adalah kendaraan utilitas yang sangat mewah. 

"Kami baru saja mengirimkan 130 Defender Gun Bus yang telah dibangun kembali ke Duke of Edinburgh untuk digunakan di salah satu Estates," tulis FSV, bengkel yang mengkhususkan diri dalam memodifikasi kendaraan Land Rover sejak 1966 itu, dalam posting Facebook 2016. 

Ratu dan Pangeran, menggunakan mobil buatan Land Rover

Mobil tersebut telah mengalami beberapa ubahan, terutama pada wheelbase Defender 130 yang telah diperpanjang, rangka diperkuat, kabin penumpang belakang, jendela yang besar, ventilasi dua atap, pencahayaan LED, interior kulit hijau dan trim French Oak. 

Wakil FSV mengatakan, saris mobil jenazah tersebut dibuat dari material galvanis yang kuat dan tahan karat. Sementara bagian bodi belakang, dibuat secara buatan tangan (hand made) oleh kru dari FSV. 

Seluruh bodinya, dicat dengan warna Deep Bronze Green. Ternyata. mobil tersebut tidak dibuat hanya satu unit, melainkan dua. "Jika kendaraan rusak, contoh serupa lainnya menunggu jika diperlukan," jelas FSV. Selamat jalan Pangeran Philips! (EPS)