Dikembangkan Bersama Subaru, Toyota Rilis SUV Listrik Konsep bZ4X

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 20/Apr/2021 18:00 WIB


SoundandMachine.com (Tiongkok) – Toyota merilis SUV listrik konsep dari hasil kemitraannya dengan Subaru yakni Toyota bZ4X Concept dalam perhelatan Auto Shanghai 2021.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

(foto: Toyota)

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Mengadopsi platform e-TNGA, bZ4X Concept dikembangkan dengan keahlian Toyota dalam membuat kendaraan elektrifikasi dan teknologi AWD Subaru, sehingga mewujudkan performa berkendara yang nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga:
Gandeng Kemenko Marves, Neta Tinjau Persiapan SPKLU di Tol Trans Jawa Jelang Lebaran

(foto: Toyota)

bZ4X Concept menggabungkan wheelbase panjang dengan overhang pendek agar tercipta desain yang khas, serta ruang interior sebanding dengan sedan D-segment.

(foto: Toyota)

Bentuk setir unik menghilangkan kebutuhan untuk mengubah grip saat mengemudikan, dan juga membuat interior jadi luas.

(foto: Toyota)

bZ4X dikonsepkan mengadopsi sistem steer-by-wire yang memberikan sensasi berkendara mulus sesuai keinginan pengemudi.

(foto: Toyota)

Panel instrument dengan posisi rendah dan lokasi indikator di atas roda kemudi tidak hanya membuatnya terkesan lega, tetapi juga meningkatkan visibilitas sehingga membuat berkendara lebih aman.

Sistem AWD-nya selain membuat akselerasi lebih responsif, juga memiliki kemampuan off-road yang menjadi salah satu signature-nya Subaru.

Selain penggunaan sistem energi regeneratif, bZ4X mengadopsi sistem pengisian ulang tenaga surya agar dapat mengisi ulang baterai saat tidak bergerak, terutama ketika sedang tidak berada di dekat charging port, sehingga menambah kepraktisan ketika kembali mengadakan perjalanan.

Rencananya Toyota memproduksi bZ4X Concept untuk Jepang dan Tiongkok, serta dapat diedarkan ke berbagai negara pada pertengahan 2022.   

(Joule)