Jelang Peluncuran Raize dan Rocky, Toyota-Daihatsu Umumkan Kolaborasi Sinergi Untuk Negeri

  • Oleh : ADV

Rabu, 28/Apr/2021 13:58 WIB
Daihatsu Rocky dan Toyota Raize (ist) Daihatsu Rocky dan Toyota Raize (ist)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Mendekati acara peluncuran duo SUV kompak, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang dijadwalkan akan berlangsung pada Jumat, 30 April 2021, Toyota dan Daihatsu meresmikan kolaborasi terbarunya.

Dalam peresmian kolaborasi bertajuk "Sinergi Untuk Negeri" yang dilakukan secara virtual pada hari ini, Yoichi Miyazaki, Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region mengatakan bahwa kerjasama tersebut bertujuan untuk menghadirkan kendaraan yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

"Toyota dan Daihatsu memulai kolaborasi sebagai bagian dari Grup Toyota. Dengan berinvestasi dalam menghadirkan advance technology dan mempromosikan konten lokal, kedua perusahaan ini akan terus meningkatkan daya saing dan mengembangkan industri otomotif Indonesia," kata Miyazaki, Rabu (28/04).

Baca Juga:
Penjualan Terbanyak Ke-2, Daihatsu Gran Max Hadirkan Ragam Inspirasi Kendaraan Niaga

Rencananya, duo SUV kompak tersebut akan memang akan diproduksi di Indonesia. Sebagai salah satu syarat menikmati kebijakan PPnBM, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan diproduksi dengan komponen lokal sebesar 70 persen.

"Daihatsu bekerjasama dengan Toyota dalam membangun lini bisnis yang kompetitif untuk segmen kendaraan kompak bagi Toyota Group, termasuk di dalamnya pengembangan dan produksi kendaraan," ujar President of Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira.

Baca Juga:
Pelanggaran Uji Tabrak, Daihatsu Gran Max Pick-up Rakitan Indonesia Dilarang Beredar di Jepang

Tidak hanya menyediakan produk–produk untuk memenuhi kebutuhan di pasar dalam negeri, Toyota dan Daihatsu juga menjadi kontributor terbesar untuk ekspor kendaraan roda empat di Indonesia hingga saat ini, dengan kontribusi lebih dari 60%. 

Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Grup Toyota juga akan mengekspor produk kolaborasi terbaru ini ke sekitar 50 negara di dunia. Astra, sebagai mitra jangka panjang Toyota dan Daihatsu, mendukung penuh kolaborasi ini sejak awal untuk dapat menghadirkan mobilitas yang sesuai bagi masyarakat Indonesia.

"Astra berharap produk kolaborasi baru ini akan memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen di Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Astra, Toyota, dan Daihatsu," kata Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro.

Bagi Toyota Astra Motor, kemunculan Toyota Raize ini akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV, sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company. 

"Yang tidak hanya akan didukung oleh pilihan kendaraan yang juga tepat untuk masing–masing orang, tapi juga layanan yang variatif menyesuaikan tren dan kebutuhan yang berkembang," tambah Djony.

Sama halnya dengan Astra Daihatsu Motor yang berkomitmen untuk memastikan Daihatsu Rocky, sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui pemanfaatan fasilitas R&D Center PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia. (EPS)