Akan Hadir di Toyota Raize, Ini Arti Dibalik Emblem GR

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 29/Apr/2021 10:05 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Toyota Raize yang akan rilis di Indonesia minggu ini, kabarnya akan memiliki varian GR Sport. Lini Toyota yang membawa nama GR, semakin hari memang kian bertambah, lantas apa arti dibalik emblem GR tersebut?

Dari informasi yang dirangkum SoundandMachine, GR merupakan kepanjangan dari Gazoo Racing, yang merupakan divisi motorsport Toyota sekaligus in-house tuner.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Nama “Gazoo” berasal dari portal situs Toyota dalam aktifitas public relation yaitu Gazoo.com. Sebab, ketika berpartisipasi dalam ajang Nurburgring 24 hours race pada tahun 2007, awalnya enggan membawa nama “Toyota” sehingga namanya menjadi Team Gazoo.

Baca Juga:
Merek Mobil Cina Terus Bertambah, Indomobil Jadi Distributor Resmi GAC Aion di Indonesia

Mulai 2009, nama Gazoo Racing lahir sebagai laboratorium untuk mengembangkan mobil baru, terutama berorientasi sport seperti Lexus LF-A dan Toyota 86 yang waktu itu masih dalam proses produksi.

Toyota Voxy G's (foto: Toyota)

Gazoo Racing mulai berekspansi setelah Akio Toyoda menjadi Chief Executive Officer pada tahun 2009, seperti membuka lini GRMN (GAZOO Racing tuned by Meister of Nürburgring) dan G’s (G Sports) pada tahun 2010.

Tujuannya adalah memberi kesenangan berkendara layaknya sebuah sportscar pada kendaraan biasa sekalipun, seperti misalnya Toyota Voxy, Toyota Harrier, Toyota Vitz, dan sebagainya.

Toyota Vitz GRMN (foto: Toyota)

Sementara lini GRMN, tuningnya lebih menyeluruh mulai dari mesin hingga sasis hingga tidak ada di base modelnya sekalipun. Seperti misalnya transmisi manual hanya ada di Toyota Mark X GRMN atau Toyota Vitz 3-pintu hanya ada di lini GRMN.

Toyota C-HR GR Sport (foto: Toyota)

Kemudian mulai 2017, G’s berubah menjadi GR Sport dengan sentuhan sports tuner yang membuat pengendalian mobil lebih baik.

Toyota Yaris GRMN (foto: Toyota)

Untuk mobil produksi, Gazoo Racing sendiri sudah berekspansi ke luar Jepang dari tahun 2018, tepatnya Yaris GRMN dengan bodi tiga pintu dan mesin supercharger dan dijual sebanyak 400 unit.

Toyota Corolla Altis GR Sport (foto: Toyota)

Sementara untuk ASEAN, Gazoo Racing sudah berekspansi sejak tahun 2019 tepatnya ketika perilisan Toyota Corolla Altis GR Sport untuk pasar Thailand dan Taiwan.

Toyota GR Supra (foto: Toyota)

Pada tahun 2019 juga pertama kalinya Gazoo Racing berekspansi secara global melalui peluncuran sportscar Toyota GR Supra.

“GR” sebelum nama mobil seperti GR Supra atau GR Yaris menandakan bahwa mobil tersebut sudah “GR” dari basisnya, berbeda dengan GR Sport atau GRMN yang merupakan sentuhan tuning dari model non-GR.

Di Indonesia, Gazoo Racing pertama hadir di sportscar Toyota GR Supra pada tahun 2019, kemudian akan menyusul di Raize pada 30 April 2021 mendatang.

 

(Joule)