Intip Spesifikasi Mobil Balap Toyota Corolla Sport Bermesin Hidrogen

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 29/Apr/2021 14:08 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota saat ini sedang mengembangkan mesin hidrogen untuk pemakaian motorsportagar visi masyarakat bebas karbon seperti yang digaungkan selama ini dapat tercapai.

Toyota Corolla Sport mesin hidrogen (foto: Gazoo.com)

Baru-baru ini, Toyota menggunakan mesin hidrogen tersebut ke hatchback kompak Toyota Corolla Sport. Kabar itu diungkap oleh Gazoo.com, situs portal otomotif yang disupport oleh Toyota di Jepang.

layout Toyota Corolla Sport balap bermesin hidrogen (foto: Gazoo.com)

Ternyata mesin hidrogen untuk pemakaian balap, modifikasinya jauh berbeda dengan mesin pembakaran dalam konvensional yang menggunakan bensin ataupun Diesel.

mesin hidrogen Toyota Corolla Sport balap (foto: Gazoo.com)

Umumnya agar mendapat performa yang lebih baik, mesin hidrogen tersebut dibuat ulang atau membuatnya dari baru. Namun khusus mesin ini, dengan memakai yang sudah ada yaitu G16E-GTS comotan Toyota GR Yaris berkapasitas 1.618 cc, kemudian dibuat semaksimal mungkin dengan perubahan utama pada injektor, busi, dan pipa penyalur.

Untuk tangki dan perpipaan, sisi pasokan hidrogen menggunakan teknologi mobil Toyota MIRAI dengan memasang empat tangki.

Karakter mesin hidrogen sebenarnya sulit untuk melakukan pembakaran atau istilah umumnya knocking. Namun kali ini, pengendalian pembakaran yang knocking tersebut dikontrol dengan injeksi langsung.

Tantangan teknis tersebut baru langkah awal karena dalam kegiatan balapan, Gazoo Racing masih harus bekerja untuk mengontrol dan beradaptasi dengan pembakaran yang knocking tadi.

Selain itu, pihaknya juga mengupayakan keselamatan agar benar-benar dapat diandalkan dalam balapan dengan mempelajari strukturnya, yang ternyata jauh berbeda dibanding mobil balap dengan mesin pembakaran konvensional.

interior Toyota Corolla Sport balap mesin hidrogen (foto: Gazoo.com)

Untuk menjaga dudukan tangki dalam jarak yang terlindungi dari benturan sekaligus antisipasi tabrakan belakang, lokasi pemasangan tangki dipasang di depan rear axle dan dibuat sekat dengan ruang kabin pengemudi.

pelindung tangki karbon Toyota Corolla Sport balap mesin hidrogen (foto: Gazoo.com)

Sebagai antisipasi tabrakan depan dan samping, tangki tersebut dilapis pelindung dengan material karbon yang dapat menahan level inersia hingga 60G, agar tidak melompat keluar dan melukai pengemudinya.

Untuk operasional, nantinya akan ada empat hingga lima truk hidrogen untuk pengisian selama balapan yang berlangsung hingga 24 jam.

Selain itu, dibutuhkan pembangkit listrik agar dapat mengoperasikan pompa untuk pengisian bahan bakar. Namun pembangkit listrik tersebut memakai model genset yang berbahan bakar biofuel.

(Joule)