Handling Meningkat Tapi Tetap Nyaman, Suspensi Hipermax S HKS Cocok Buat Harian

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 07/Mei/2021 11:21 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – HKS yang biasa membuat suspensi berkarakter sport atau racing, kali ini dalam seri Hipermax lebih berorientasi pada kenyamanan berkendara yaitu Hipermax S.

(sumber: HKS)

Meski lebih berorientasi pada kenyamanan berkendara, HKS tetap mengupayakan bagaimana supaya handling-nya meningkat dalam arti lebih baik dari suspensi standar mobil tersebut sehingga lebih cocok untuk penggunaan harian.

Pertama dari single tube damper design yang menghasilkan gas dan oli pada ruang terpisah agar memungkinkan memakai piston lebih besar. Struktur seperti ini membuat damping force atau gaya peredamannya menjadi lebih stabil.   

Inverted shock absorber meningkatkan kekakuan ketika mobil dalam beban banyak atau pelek lebih besar. Ketika dipasang di sisi bodi akan mengurangi bobot yang tidak terangkat sehingga akan membuat pengendalian lebih baik.

(sumber: HKS)

Pre-load Valve System (PVS) yang biasa ada di suspensi Hipermax berkarakter sport, telah dikembangkan menjadi Dual PVS, bekerja meminimalkan gerakan tidak perlu termasuk damping saat berkecepatan tinggi yang tentunya membuat handling lebih baik.

(sumber: HKS)

Bentuk WR Needle yang ditingkatkan memperluas saluran oli, sekaligus memberi lebih banyak opsi setelan hingga 30 langkah dimana setiap langkahnya memiliki efek lebih menonjol.

(sumber: HKS)

Advanced bump rubber membuat manuvernya lebih lembut dalam mencegah perubahan mendadak pada gerakan dan guncangan. Selain itu variasi setelan kelembutan dibuat lebih pendek, agar lebih banyak jenis mobil dapat tercipta rasa berkendara lebih halus dan alami.  

Karet pada dudukan atasnya diperkuat mampu menyerap getaran kecil pada bodi sambil mengencangkan dudukan standarnya. Perubahan desain pada penampang dan komposisi material menyeimbangkan kenyamanan dan performa.

Hipermax S memiliki coating PNE yang memiliki durabilitas lima kali lebih tinggi dibanding galvanis biasa, sekaligus lebih tahan terhadap karat.

(sumber: HKS)

Meski pada akhirnya dipasang di bagian yang tidak begitu terlihat secara kasat mata, HKS tetap mempertimbangkan estetika dari produk suspensinya tersebut melalui lapisan dan metode laser etching untuk pencetakan pada logo di dudukan atasnya.

Saat ini Hipermax S sudah tersedia untuk berbagai jenis mobil Jepang seperti Toyota 86, Subaru BRZ, Honda Civic Hatchback, Honda Civic Sedan, hingga Toyota Alphard-Vellfire.

(Joule)