First Impression: Melihat Lebih Dekat SUV 7-Penumpang Honda N7X Concept

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 06/Mei/2021 17:56 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta)  -  PT. Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda baru-baru ini meluncurkan Low SUV 7-penumpang konsep yaitu Honda N7X Concept.

Honda memajang mobil konsep tersebut di kafenya yaitu Dreams Cafe, Senayan Park, Jakarta, dan kami berkesempatan melihat lebih dekat sebagai first impression.

Baca Juga:
Melihat Lebih Dekat Honda Accord yang Lebih Mewah dengan Fitur Baru

Perlu diingat, mobil tersebut benar-benar konsep karena bodinya terbuat dari clay yang biasa dipakai oleh para desainer dalam model making-nya. Mobil konsep tersebut hanya menonjolkan eksteriornya saja tanpa mesin ataupun interior.

Hanya saja hasil akhirnya tidak terlihat seperti konsep, melainkan mobil sungguhan, terlebih lampunya berfungsi dan rodanya dari mobil sungguhan. Hal tersebut jelas membuat orang berpikir mobil tersebut sungguhan bahkan sampai berminat membelinya karena mengira itu sungguhan.

Baca Juga:
Bikin Betah, Ini Rasanya Hangout di Dreams Cafe Powered by Honda Senayan Park

Dari awal melihat N7X Concept, terlihat sekali penerapan filosofi desain man maximum machine minimum yang notabene akan menjadi arah desain Honda ke depannya.

Setidaknya HPM perlu mensosialisasikan filosofi desain man maximum machine minimum kepada masyarakat Indonesia agar terbiasa dengan arah desain Honda yang baru nantinya.

Pasalnya, selama ini masyarakat Indonesia masih terbiasa dengan desain Honda yang berlekuk-lekuk, jadi tidak heran mengapa Honda Jazz terbaru tidak masuk Indonesia. Sosialisasi desain lewat N7X Concept sekiranya sudah menjadi langkah yang bagus.

Lekukan pada permukaan bodi N7X Concept terkesan seperlunya dalam arti sudah pas sehingga terlihat lebih mewah, berkarakter dewasa, dan tentunya enak dilihat dari berbagai sudut. Terlihat minim lekukan memang, tetapi dengan lekukan seperti itu juga membuat N7X Concept terlihat memiliki tongkrongan lebar.

Bagian depan N7X Concept juga terlihat lebih dewasa dengan gril model garis seperti di Honda Odyssey dan itu pas dengan konsep styling SUV-nya.

Pilar C ala coupe pada N7X Concept juga terkesan seperti upmarket karena bentukan tersebut biasa ada di SUV di kelas lebih atas seperti Honda CR-V dan HR-V.

Bagian belakang N7X Concept juga terlihat seperti mobil mewah atau dengan kelas di atasnya, seperti Mazda3 atau VW Tiguan.

Sementara dimensi, terlihat lebih besar dari BR-V sehingga cukup logis jika Honda mengutarakan N7X Concept akan memiliki kelegaan layaknya sebuah MPV, ditambah lagi dengan minim lekukan tadi.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya kamera tambahan di spion kiri yang menunjukkan adanya LaneWatch untuk meminimalisir blind spot karena dimensi membesar.

Meski diposisikan sebagai low SUV, N7X Concept terlihat seperti berada di atas kelasnya dan sepertinya desain seperti ini akan banyak peminatnya. Semoga saja ketika masuk ke lini produksi, desain seperti ini dipertahankan atau dibuat lebih baik.

(Joule)