First Impression Toyota Raize GR Sport

  • Oleh : ADV

Jum'at, 07/Mei/2021 10:16 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Kawan SoundandMachine para pecinta otomotif pasti sudah kenal dengan Toyota Raize. Bagaimana tidak, SUV kompak yang baru saja diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) itu mampu menyita perhatian publik di Tanah Air.

Hadir dalam dua varian, yakni G dan GR Sport, keduanya memiliki kapasitas mesin yang sama yaitu 1.000 cc. Sebelumnya, SoundandMachine juga telah melakukan pemesanan terhadap satu unit Raize GR Sport TSS, yang merupakan tipe tertinggi.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Begitu mendapat kabar unit displaynya sudah tersedia di diler Auto 2000 Yos Sudarso, Sunter, Jakarta Utara, SoundandMachine pun berbegas ke diler tersebut, untuk melihat secara langsung sosok dari SUV mungil itu.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Terkait penampilannya, antara tipe G dan GR Sport memiliki desain yang sedikit berbeda. Untuk tipe GR Sport, dibekali dengan perangkat body kit yang membuat sosoknya makin sporty dan mewah.

Di bagian depan, terdapat lips add on yang berada di bawah bumper depan. Selain itu, terdapat pula lampu DRL LED berbentuk horizontal di atas foglamp, yang memancarkan kesan mewah. 

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Grill berukuran besarnya, tampak harmonis dengan lampu utama yang telah mengadopsi teknologi iluminating, DRL dan lampu sein sequential. Saat menyala, lampu sein tersebut terlihat sangat modern.

Bergeser kesamping, terlihat side skirt yang memanjang di bagian bawah pintu depan dan belakang. Selain itu, di bagian pintu juga terdapat decal GR Sport yang membuatnya makin ekslusif.

Khusus Raize 1.0 GR Sport, menggunakan pelek berukuran 17 inci yang tampak sangar dengan laburan warna hitam mengkilap. Sementara di bagian buritan, terdapat LED rear combi lamp berbentuk agresif.

Sama seperti di bagian bumper depan, pada bagian bumper belakang juga terdapat add on aero kit yang tampak elegan dengan sematan diffuser berwarna hitam di bagian tengahnya.

Kesan sporty di eksterior, juga terbawa hingga interior. Saat masuk kedalam, pandangan mata langsung tertuju pada susunan dasbor yang terlihat futuristik. Meski susunan panel-panelnya nampak ringkas, namun mampu mencuatkan aura modern.

Apalagi, panel instrumen ukuran 7 inci di bagian belakang roda kemudi, sudah mengadopsi teknologi digital. Makin keren, pada tipe GR Sport Toyota menyediakan empat pilihan tampilan instrumen interaktif, yang dapat dipilih sesuai keinginan pengemudi.

Fitur menarik lainnya, pada tipe GR Sport juga telah tersedia paddle shift dibalik kemudi, untuk mempermudah perpindahan gigi dengan sensasi layaknya sebuah mobil balap.

Di bagian tengah dasbor, terdapat head unit dengan monitor tiper floating berukuran 9 inci. Monitor tesebut, dapat mengoperasikan sejumlah fitur dan menampilkan informasi berguna untuk pengemudi.

Hal menarik lainnya, terdapat di bagian jok yang telah mengusung tipe semi bucket. Menggunakan jok tersebut, membuat tubuh pengemudi maupun penumpang depan lebih terasa nyaman. Apalagi, pada tipe GR Sport joknya menggukan kombinasi materiak fabric dan kulit.

Beranjak ke bagian belakang kabin, Raize memiliki bagasi yang terbilang cukup luas. Ditambah, kursi belakangnya yang sudah dibekali fitur isofix, dapat dilipat kedepan dengan kombinasi 60:40 untuk menambah kapasitas daya angkut.

Bagasinya, juga menjadi tempat penyimpanan roda candangan yang ukurannya sama, yakni 17 inci. Secara keseluruhan, Raize ini memang masuk akal untuk dimiliki, ditambah dengan harga yang cukup terjangkau.

Saat ini, Raize dijual mulai dari Rp 236,8 dalam kondisi PPnBM normal. Namun karena bulan April dan Mei Raize masih menikmati PPnBM 0 persen, harga untuk tipe G M/T adalah Rp 219,9 juta dan Rp 265,9 juta untuk 1.0T GR CVT TSS Two Tone. (EPS)