Ini Tipe Daihatsu Rocky JDM yang Fiturnya Mirip dengan Versi Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 09/Mei/2021 14:12 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Seperti halnya Toyota Raize, Daihatsu Rocky pasar Indonesia juga disebut mirip versi pasar Jepang (JDM), meskipun pilihan tipenya belum sebanyak Raize karena varian mesin 1.200 cc-nya baru diungkap nanti.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT pasar Indonesia (foto: Daihatsu)

Tentu kurang afdol jika hanya disebut mirip atau mendekati, tanpa melakukan analisis lebih mendalam seberapa dekat Rocky JDM dengan pasar Indonesia.

Baca Juga:
Penjualan Terbanyak Ke-2, Daihatsu Gran Max Hadirkan Ragam Inspirasi Kendaraan Niaga

Baca Juga:
Pelanggaran Uji Tabrak, Daihatsu Gran Max Pick-up Rakitan Indonesia Dilarang Beredar di Jepang

Daihatsu Rocky G JDM (foto: Daihatsu)

Setelah dianalisis lebih mendalam, setidaknya ada tipe Rocky versi JDM yang mirip dengan versi pasar Indonesia, yaitu tipe G karena mendekati tipe 1.0 R TC CVT, paling tidak dari pelek OEM-nya yang sama serta interiornya..

Dari segi eksterior, rumah fog lamp di bumper depan dan belakang Rocky versi JDM berbeda dengan pasar Indonesia, karena perbedaan fitur. Seperti LED vertikal di bumper depan dan fog lamp untuk bumper belakang yang pada versi Indonesia tidak ada.

Selain itu untuk versi JDM, standarnya tidak dilengkapi talang air dan opsionalnya memiliki tampilan berbeda dengan pasar Indonesia, serta di pintu belakang hanya ada logo type “Rocky”, tidak ada tulisan yang menunjukkan tipe.

Spion Rocky JDM juga berbeda dengan pasar Indonesia dari bentuk batoknya dan itu akan terlihat lebih jelas kalau melihat dari interior.

Interior Daihatsu Rocky pasar Indonesia (foto: Daihatsu)

Interior Daihatsu Rocky JDM (foto: Daihatsu)

Sementara untuk interior, Rocky tipe G JDM terlihat paling mendekati dengan pasar Indonesia dari adanya aksen merah pada jok serta trim interiornya. Namun untuk AC digitalnya berbeda dengan versi pasar Indonesia karena minus tombol putar untuk mengatur suhunya serta absennya heater.

Panel instrumen TFT tetap sama seperti versi JDM namun berbeda bahasa yang tak lain karena kondisi pasar.

Rocky pasar Indonesia sudah dilengkapi sistem keselamatan aktif Advanced Safety Assist (A.S.A) namun hanya 6 fitur dan hanya di tipe termahalnya saja, sementara versi JDM dengan Smart Assist-nya, sudah menjadi standar di semua tipe, tetapi untuk jumlah fiturnya tergantung tipe.

Untuk tipe G versi JDM yang paling mendekati Rocky pasar Indonesia, setidaknya ada 12 fitur standar dan 4 fitur opsional.

Adaptive Cruise Control Daihatsu Rocky JDM (sumber: Daihatsu)

Lane Keep Control Daihatsu Rocky JDM (sumber: Daihatsu)

Fitur standar Smart Assist Rocky versi JDM yang tidak ada di A.S.A untuk pasar Indonesia yaitu Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Traffic Sign Recognition, Adaptive Driving Beam, Side View Lamp, dan Corner Sensor.

Pedal misoperation control Daihatsu Rocky JDM (sumber: Daihatsu)

Ditambah lagi untuk fitur pedal misoperation control di Rocky pasar Indonesia hanya bekerja ketika mobil bergerak maju, sedangkan versi JDM sudah bisa untuk maju dan mundur.

Sementara 4 fitur opsional Smart Assist Rocky JDM antara lain Blind Spot Monitor, Panorama Monitor, Smart Panorama Parking Assist, dan Rear Cross Traffic Alert.

Patut diingat, Rocky pasar Indonesia memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm serta ground clearance 200 mm.

Sementara Rocky JDM memiliki dimensi lebih kecil dibanding pasar Indonesia karena memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 dan ground clearance 185 mm.

Daihatsu Indonesia telah mengkonfirmasi bahwa Rocky pasar Indonesia memiliki bumper lebih tebal dan ban OEM-nya memakai 205/65R17, sedangkan versi JDM 195/60R17. 

Dengan ban OEM Rocky pasar Indonesia yang lebih lebar dari versi JDM, tidak menutup kemungkinan membuat over fendernya lebih lebar.

Setidaknya dari dimensi tersebut ada kesamaan, seperti wheelbase yaitu 2.525 mm, jarak pijak depan yaitu 1.475 mm, jarak pijak belakang yaitu 1.470 mm, dan volume bagasi 369 Liter yang membuat perbedaannya masih sedikit dengan versi JDM.

(Joule)