Penjualan Honda Civic Type R Facelift di Jepang Dihentikan ?

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 09/Mei/2021 10:23 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) –  Honda Civic Type R facelift baru-baru ini masuk Indonesia, dengan selisih sekitar setahun dari world premiere-nya. Namun di Jepang sana, berdasarkan pemantauan di website resmi honda.co.jp, Honda menghentikan peredaran Civic Type R.

Baca Juga:
Honda Civic Type R Limited Edition Jadi Mobil Tercepat di The Bend Australia

(sumber: Honda)

Baca Juga:
Punya Performa Tinggi, Honda Civic Type R Resmi Jadi Official Car Tim F1 Honda

Di web catalog tersebut jika diterjemahkan, menu self-estimate untuk melakukan estimasi harga dan test drive dinon-aktifkan. Selain itu, di bawah harga pada web catalog tersebut tertulis, "Honda Civic Type R telah diterima baik, unit penjualan yang telah direncanakan sudah diakhiri".

Belum diketahui persis apakah Honda benar-benar menghentikan peredaran Civic Type R di Jepang atau hanya sementara mengingat web catalognya masih ada. Pasalnya, untuk mobil yang benar-benar dihentikan peredarannya, web catalog tersebut dipindahkan ke arsip.

Baca Juga:
Pabriknya Ditutup, Begini Perjalanan 4 Generasi Honda Civic Type R Rakitan Inggris

Melihat situasi sekarang, pabrik Civic Type R yang berada di Swindon, Inggris, memang direncanakan tutup pada pertengahan 2021 mendatang sehingga bisa jadi mempengaruhi produksinya.

(foto: Honda)

Meski demikian, dari pabrik yang sama, penjualan Civic Hatchback di Jepang masih berlangsung dan itu terlihat dari aktifnya menu self-estimate dan test drive.

Sementara Honda Civic sendiri dalam waktu dekat akan melakukan pergantian generasi yang untungnya Type R dikabarkan akan disertakan.

Memang biasanya Honda memasukan Civic Type R ke Jepang dalam jumlah sedikit, seperti di generasi FK2 atau pertama bermesin turbo, hanya memasukkan 750 unit.

Civic Type R versi Jepang memiliki perbedaan dengan pasar Indonesia, seperti kehadiran fitur Honda SENSING dan tenaga mesin 9,8hp lebih besar.

(Joule)