Toyota Bakal Hadirkan Versi GR Sport untuk Land Cruiser 2022

  • Oleh : ADV

Selasa, 18/Mei/2021 13:49 WIB
Land Cruiser 300 (Caradvice) Land Cruiser 300 (Caradvice)

SoundandMachine.com (Jepang) - Tak dapat dipungkiri, Land Cruiser menjadi salah satu produk SUV legendaris buatan Toyota. Sepak terjangnya sudah dimulai sejak puluhan tahun silam, dan selama ini dikenal sebagai mobil yang tangguh dalam menghadapi segala medan.

Seiring berjalannya waktu, Toyota juga terus menghadirkan generasi terbaru dari model Land Cruiser untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Kabar paling santer, dalam waktu dekat Toyota bakal meluncurkan Land Cruiser seri 300, yang akan menjadi model 2022. 

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Rencananya, Toyota akan meluncurkan SUV 4x4 yang ikonik itu pada akhir bulan ini atau awal Juni. Informasi itu bocor setelah akun Instagram landcruiserupdates, memposting sebuah dokumen untuk ke pihak ketiga, yang menunjuk pada 31 Mei atau 1 Juni sebagai tanggal pengungkapan resmi. 

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Spy shoot TLC 300 (PerformanceDrive)

Menariknya lagi, Toyota juga akan menghadirkan versi GR Sport (GR-S) dari J300. Bocoran spesifikasi dari akun IG tersebut dibahas oleh YouTuber Kirk Kreifels, yang menunjukkan bahwa varian GR-S baru akan tersedia dengan mesin bensin dan diesel.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Sepertinya Toyota secara perlahan memang akan mengganti model TRD Sport dengan GR Sport. Hal ini sudah terlihat di produk Toyota lainnya. Land Cruiser J300 akan dilengkapi dengan teknologi elektronik Kinetic Dynamic Suspension System (KDSS) beserta kunci diferensial depan dan belakang.

Selain model GR Sport, Land Cruiser juga akan hadir dengan tipe ZX yang menjadi model paling mewah. Tipe ZX akan banyak menggunakan aksen krom, serta roda berukuran 20 inci, trim kayu di interior, jok kulit, dan fitur mewah lainnya. 

Toyota juga akan menyediakan sistem hiburan kursi belakang eksklusif ZX dengan layar sentuh ganda 11,6 inci. Baik GR-S dan ZX, akan berbagi sistem infotainment layar sentuh 12,3 inci yang dihubungkan ke sistem suara JBL 14-speaker.

Bentuk gril akan berbeda antara GR Sport dan ZX

Keduanya juga akan menampilkan sistem 3D Multi-Terrain Monitor dengan kamera bagian bawah bodi mobil, ditambah teknologi pencuci otomatis untuk kamera belakang, kontrol iklim empat zona dan tampilan head-up.

Land Cruiser GR-S akan memiliki desain bumper dan gril sendiri berbeda dengan ZX. Agar makin sporty, Toyota melengkapinya dengan pelek 18 inci dan trim CF-style untuk kabin. 

Sebagai tenaga penggerak, Land Cruiser akan datang dengan mesin 3,3L turbodiesel dan 3,5T bensin V6. Mesin diesel akan menghasilkan tenaga sebesar 302 hp dan torsi 700 Nm (40 hp dan 50 Nm lebih dari sebelumnya), sementara bensin turbo mendapat 409 hp dan torsi 650 Nm. (EPS)