Asyik Buat Piknik, Porsche Hadirkan Roof Box yang Juga Aman Diajak Ngebut

  • Oleh : ADV

Rabu, 19/Mei/2021 13:47 WIB


SoundandMachine.com (Stuttgart) - Kegiatan piknik maupun staycation, saat ini sedang digemari oleh masyarakat di beberapa negara. Apalagi, kegiatan tersebut dianggap sebagai sarana pelepas kejenuhan, ketika beberapa waktu lalu harus lebih banyak berdiam diri di rumah karena pandemi Covid-19.

Saat melakukan piknik menggunakan mobil, terkadang perlu membawa perebotan yang jumlahnya cukup banyak dan memenuhi bagasi mobil. Sebagai solusi, biasanya pemilik mobil menambahkan roof box di atap.

Baca Juga:
Tawarkan Cicilan Terjangkau, Mandiri Utama Finance Jadi Mitra Resmi Pembiayaan Mobil Sport Porsche

Penggunaan roofbox sejatinya digunakan sebagai ruang tambahan untuk mengangkut barang ketika ingin melakukan perjalanan ke suatu tempat. Namun zaman sekarang, tidak jarang juga roofbox dipakai demi estetika semata karena bentuknya unik dan keren.

Baca Juga:
Hadir di GIIAS 2023, Porsche Indonesia Luncurkan Dua Model Baru Penakluk Segala Medan

Sayang, penggunaan roof box terkadang turut mempengaruhi kestabilan mobil, khususnya saat melaju dalam kecepatan tinggi. Sebab, hempasan angin dari arah depan mobil menyebabkan turbulensi di sekitaran roof box.

Tentunya hal ini menjadi problem tersendiri, khususnya untuk mobil jenis sport yang menggunakan roof box. Sebagai solusi, Porsche ternyata telah memperkenalkan Performance Roof Box yang baru dikembangkan dari divisi Tequipment-nya.

Baca Juga:
Rayakan 75 Tahun Eksistensi Mereknya, Porsche Indonesia Adakan Festival of Dreams

Roof box tersebut, dirancang bekerja sama dengan Studio FA Porsche, dan dapat bertahan tanpa takut terlepas hingga kecepatan 200 km/jam. "Oleh karena itu kami namakan Porsche Tequipment Performance, yang dapat Anda beli melalui Porsche Center mulai Mei 2021," kata Jochen Schmid, Porsche Tequipment director.

Tidak seperti roof box pada umumnya, dalam mengembangkan produk anyar tersebut, Porsche menerapkan prinsip desain 'form follows function' atau bentuk mengikuti fungsi, sehingga menciptakan kestabilan yang maksimal.

Jochen mengaku, ia bersama tim pertama kali membuat Performance Roof Box dengan divisualisasikan pada model tanah liat skala 1: 1, sebelum diuji di terowongan angin untuk perbaikan aerodinamis dan kebisingan lebih lanjut.

"Program pengujian untuk roof box sangat ketat. Dalam perjalanannya, kendaraan itu dikendarai di trek uji sejauh beberapa ribu kilometer, sebagai bagian dari pengujian kendaraan secara keseluruhan, untuk penilaian aerodinamis dan karakteristik handling," jelas Jochen.

Lalu, tes dinamika mengemudi dilakukan di Weissach, dengan fokus pada pengendalian kendaraan yang dilengkapi dengan roof box, dan dikendarai dengan kecepatan tinggi. Point terpenting, roof box harus mampu menahan kondisi yang berat di trek jalan yang kasar. 

Menariknya, Performance dapat dipasang dengan di semua mobil melalui sistem pengencang cepat. Box ini  memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar, yaitu 480 liter dan dapat dibuka dari kedua sisi, sehingga memungkinkan akses yang mudah untuk bongkar muat.

Kotak ini juga mampu menampung barang hingga 75 kg, dan memiliki warna hitam metalik sebagai cat dasar dengan beberapa pilihan kombinasi warna seperti Dolomite Silver, Bianco Carrara dan Grigio Vulcano. 

Mengenai harga, roof box ini dibanderol sekitar EURO 1.150 atau setara Rp 20 jutaaan. Jika ingin mendapatkan bilah samping berwarna lain, ada tambahan biaya sekitar EURO 350 atau setara Rp 6 juta. Tertarik? (EPS)