Dapat Penyegaran, Volkswagen Tiguan Allstate Tampil Makin Sporty

  • Oleh : ADV

Kamis, 20/Mei/2021 13:23 WIB


SoundandMachine.com (Jerman) - Hampir setahun setelah debut Volkswagen Tiguan facelift, saudara kandungnya yang memiliki dimensi lebih besar yakni Allspace, akhirnya ikut mendapatkan penyegaran. 

SUV tujuh tempat duduk yang menyumbang lebih dari separuh penjualan Tiguan secara global itu, menerima perubahan pada estetika dan teknologi sambil tetap mempertahankan keunggulan yang ada.

Baca Juga:
Lebih Merangkul Para Pemilik Volkswagen, The Elite Adakan Meet-Up Morning Drivers Club Jelang Puasa

Perubahan yang dilakukan terlihat pada bagian depan yang didesain ulang. Kini, Tiguan Allspace makin sporty berkat lampu depan LED yang lebih ramping, dengan teknologi IQ.Light matrix dan indikator sekuensial, serta bingkai bergaya Golf Mk8.

Baca Juga:
Usung Konsep Experience Showroom Multi Brand, Indomobil Plaza Hadirkan Lima Merek di IIMS 2023

Kesan sporty makin kuat dengan penggunaan gril lebih besar,  yang memiliki sudut kemiringan lebih landai. Di sini, Allspace dibedakan dari Tiguan biasa melalui light strip opsional di gril yang menyatukan lampu depan.

Selain itu, bumpernya juga telah dirancang ulang dengan desain air intake berbentuk C. Di bagian samping, fendernya dibuat lebih ramping dan lebih panjang, sementara bagian belakang, terdapat logo Tiguan di bagian tengah pada pintu belakang. 

Baca Juga:
Ada Ekstra Garansi Lebih Panjang, Volkswagen Gelar Flash Ramadhan Sale

Bagian bumper belakang makin mewah berkat adanya strip reflektor yang memanjang horizontal, berpadu dengan muffler knalpot berlapis krom. Lampu belakangnya juga terlihat menarik, dengan grafis berbentuk L terbalik.

Seperti sebelumnya, Volkswagen turut menghadirkan Allspace dengan paket R-Line. Kali ini, tipe R-Line dilengkapi dengan intake udara yang lebih besar dibingkai oleh trim chrome dan gloss hitam, dan diffuser belakang dengan "tailpipes" quad terintegrasi. 

Lalu, tersedia pula opsi pilihan pelek anyar dengan diameter antara 17 dan 20 inci. Di dalam, Allspace mendapat tampilan instrumen digital dengan layar delapan inci, sementara layar sepuluh inci yang lebih besar tersedia sebagai pilihan. 

Sistem infotainment yang ditawarkan pada mobil ini, juga telah ditingkatkan menjadi Modular Infotainment Matrix (MIB3) generasi ketiga. Fitur lain, yakni pengisian daya ponsel nirkabel, Apple CarPlay nirkabel dan konektivitas Android Auto, sistem suara premium 480 watt dari Fender (di AS) atau Harman Kardon (di Eropa). 

Dari segi keselamatan, semua model hadir menggunakan fitur pengereman darurat otonom dengan emergency braking with pedestrian detection, blind spot monitoring dan rear cross traffic alert.

Sebagai tenaga penggerak, Volkswagen tetap mempertahankan mesin yang sama seperti sebelumnya, termasuk mesin bensin empat silinder 1.5 liter TSI turbocharged bertenaga 150 HP dan versi penggerak semua roda (AWD), bermesin 2.0 liter dengan tenaga 190 HP atau 245 HP. 

Khusus pasar Amerika Serikat, mendapatkan mesin bensin 2.0 liter 190 HP dengan penggerak depan atau semua roda, dikawinkan dengan otomatis delapan percepatan. Tidak seperti Tiguan standar, Allspace tidak akan mendapatkan varian eHybrid plug-in, maupun high-performance R. (EPS)