Torsi Mencapai 1.000 Nm, Brabus Rombak Performa Mercedes-AMG E 63 S

  • Oleh : edo

Kamis, 20/Mei/2021 15:33 WIB


SoundandMachine.com (Jerman) - Mercedes-AMG, tahun lalu resmi meluncurkan versi facelift dari E 63 4Matic +. Mobil tersebut hadir dengan penampilan yang sporty, serta performa mumpuni.

Meski begitu, masih ada aja konsumen yang menginginkan performa lebih, dan kebutuhan tersebut langsung disambut oleh tuner khusus Mercedes-Benz, bernama Brabus. Baru-baru ini, tuner asal Jerman itu menghadirkan kreasinya yakni Brabus 800.

Baca Juga:
Brabus Racik Ulang Performa Mercedes-AMG GLS 63, Tenaganya Sentuh 800 HP Sob!

"Ini bukan nama yang paling imajinatif, tetapi Brabus 800 digambarkan sebagai serigala berbulu domba dan mendapatkan penyempurnaan khas yang Anda harapkan," kata seorang perwakilan Brabus dalam keterangannya.

Berdasarkan varian E 63 S 4Matic +, Brabus merancang ulang performa mesinnya. Dalam kondisi standar, mesin M178 4.0 liter twin-turbo V8 mampu menghasilkan tenaga hingga 603 HP dan torsi 850 Nm.

Tenaga tersebut lantas disalurkan ke semua roda (sistem AMG Performance 4Matic+ variable all-wheel drive) melalui melalui transmisi AMG Speedshift MCT 9G sembilan percepatan. 

Kombinasi tersebut, sanggup menghasilkan angka akselerasi dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik. Bila pengemudi masih memiliki adrenalin untuk menginjak pedal gas lebih dalam, E 63 S 4matic mampu menembus kecepatan tertinggi 300 km/jam.

Angka-angka ini sebenarnya sudah cukup mengesankan, tetapi di tangan Brabus, output tenaga dari mesin M178 ditingkatkan menjadi 788 HP dan torsinya mencapai angka 1.000 Nm. 

Meskipun kecepatan tertinggi tetap tidak berubah, namun kemampuan akselerasi semakin meningkat karena dapat menembus angka 3 detik. Brabus pun sedikit mengungkap perubahan yang mereka lakukan.

Pada mesin, Brabus menyematkan turbocharger baru dengan unit kompresor yang lebih besar serta axial bearings yang diperkuat, sehingga mampu menghasilkan boost pressure maksimum 1,6 bar.

Salah satu komponen yang mendukung kinerja turbo adalah modul Brabus PowerXtra plug-and-play, yang terhubung ke sistem manajemen engine elektronik guna menghadirkan pemetaan khusus untuk injeksi, pengapian, dan boost pressure control. 

Sementara itu, intake udara karbon baru diintegrasikan ke dalam gril untuk memastikan mesin mendapat pasokan udara dengan benar. Selain kit peningkatan mesin (disebut Brabus B40S-800), perusahaan juga menawarkan sistem pembuangan baja tahan karat dengan pipa knalpot beraksen serat karbon. 

Sedangkan untuk modifikasi styling, Brabus menawarkan berbagai komponen aerodinamis karbon yang dapat dipesan dengan lapisan gloss atau matte. Selain intake udara tambahan di gril, potongan lainnya termasuk lips spoiler depan, spoiler tutup bagasi belakang, dan sisipan diffuser.

Berbagai roda hingga diameter 21 inci juga tersedia, yang dapat dipasangkan dengan Brabus Sports Unit untuk suspensi udara standar. Suspensi udara itu mampu menurunkan ketinggian mobil hingga 10 atau 20 mm, tergantung pada mode penggerak yang dipilih pada saat itu.

Terakhir, interior Brabus 800 dibekali sill plates stainless-steel dengan logo Brabus agar sesuai dengan pencahayaan interior, bersama dengan pin pintu dan pedal aluminium. 

Pilihan kulit berkualitas dan Alcantara juga merupakan bagian dari katalog, semua dibuat khusus sesuai dengan preferensi pelanggan, termasuk inlay kayu atau karbon. (EPS)