Brabus Racik Ulang Performa Mercedes-AMG GLS 63, Tenaganya Sentuh 800 HP Sob!

  • Oleh : ADV

Jum'at, 28/Mei/2021 11:08 WIB


SoundandMachine.com (Jerman) - Mercedes-AMG GLS 63 4Matic +, sejak lahir sebenarnya sudah memiliki bekal performa tenaga dan torsi yang bisa dikatakan lebih dari cukup. Namin bagi para penikmat kecepatan, angka tenaga standar dirasa belum memenuhi hasratnya.

Memenuhi kebutuhan tersebut, tuner spesialis Mercedes-Benz asal Jerman, Brabus baru saja meluncurkan Brabus 800. SUV kompak berperforma tinggi itu, merupakan model racikan Brabus yang didasarkan pada Mercedes-AMG GLS 63 4Matic +. 

Baca Juga:
Torsi Mencapai 1.000 Nm, Brabus Rombak Performa Mercedes-AMG E 63 S

Dalam kondisi standar, GLS 63 dibekali mesin 4.0 liter twin-turbocharged V8 yang mampu menghasilkan 604 hp dan 850 Nm. Tetapi dengan paket komponen modifikasi (kit) Brabus PowerXtra B40 S-800, mampu mendongkrak tenaga hingga 800 hp dan torsi 1.000 Nm.

Lonjakan tenaga tersebut salah satunya berkat penggunaan dua turbocharger yang lebih besar. Kompresor yang digunakan juga otomatis lebih besar, untuk itu Brabus memperkuat beberapa komponen inti, termasuk axial bearings. 

Hasilnya, duo turbo itu sekarang mampu menghasilkan tekanan dorong maksimum 1,6 bar. Kontrol tekanan dorongan elektronik juga dipetakan ulang, sebelum dimasukkan ke unit kontrol mesin melalui modul Brabus PowerXtra plug-and-play.

Memiliki lonjakan tenaga yang lebih besar, membuat Brabus 800 mampu berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 3,8 detik. Dalam kondisi standar, GLS 63 dapat membukukan catatan waktu akselerasi 4,2 detik.

Bila pengemudi masih memiliki nyali lebih untuk menginjak pedal gas lebih dalam, Brabus 800 dapat menembus kecepatan tertinggi 280 km / jam yang dibatasi secara elektronik.

Perlu diingat bahwa SUV ini memiliki berat sekitar 2.600 kg, jadi angka tersebut sebenarnya sudah sangat mengesankan. Menariknya, kit peningkat performa ini hadir dengan garansi tiga tahun atau 100.000 km.

Brabus juga menawarkan serangkaian perangkat tambahan lainnya, seperti knalpot berperforma tinggi Brabus quad, dari baja tahan karat dengan flap aktif. Lalu suspensi Airmatic yang telah diubah, sehingga Brabus 800 lebih rendah 25 mm dibandingkan GLS 63 pabrikan. 

Agar mendukung tampilannya yang sesuai dengan performa, Brabus menggusur pelek standar dan menggantinya dengan pelek Brabus Monoblock M “Platinum Edition” 24 inci (10JJ) yang besar, dipadukan dengan ban profil rendah 295/35 di semua roda.

Dari segi desain bagian depan, mobil contoh yang memiliki warna bodi hitam ini memakai lips bumper depan buatan Brabus, yang katanya bisa mengurangi gejala gardan depan terangkat pada kecepatan tinggi, sehingga lebih stabil di tikungan.

Di dalam, SUV ini juga ditingkatkan penampilannya dengan jok kulit hitam Brabus yang memiliki sirkulasi udara, sehingga tidak membuat punggung pengendara menjadi gerah, lengkap dengan jahitan kontras abu-abu dan lis merah. (EPS)