Mobil Terasa Bising dan Panas? Peredam Smartplast Buatan Rusia Jadi Solusinya

  • Oleh : ADV

Kamis, 20/Mei/2021 17:09 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Banyak pemilik mobil, yang memasang kaca film mahal guna mengurangi suhu panas di dalam mobil, khususnya pada siang hari. Namun sebenarnya, kaca hanyalah salah satu faktor penyebab panas di mobil.

Sebab, masih ada bidang mobil lain yang juga mempengaruhi. Seperti plafon, lantai kabin, pintu-pintu dan bodi mobil itu sendiri, dimana semua bagian tersebut menggunakan bahan metal, yang merupakan penghantar panas yang baik.

Baca Juga:
Pemilihan Jenis Material Peredam Mobil Jadi Faktor Penentu Mengurangi Kebisingan di Kabin

Selain itu, beberapa mobil keluaran terbaru terutama jenis LCGC juga memiliki pelat bodi yang tipis dan tanpa peredam, sehingga menyebabkan suara bising dari luar dan getaran ikut masuk ke dalam kabin. Hal itu akan lebih terasa jika hujan tiba, rintikan air hujan yang mengenai atap mobil akan terasa sangat berisik. 

Baca Juga:
Jadi Solusi Praktis, Ini Tips Pasang Peredam Sebagai Tahap Awal Pada Instalasi Audio Mobil

Sebagai solusi atas dua keluhan tersebut, memasang peredam tambahan adalah langkah terbaik. "Tak perlu khawatir dan bingung, karena kini sudah tersedia solusi peredaman mobil yang smart dari Z3RO Solutions yaitu Smartplast," kata Novia Hadi Putri Brand Manager Z3RO Solutions.

Lebih lanjut ia mengatakan, produk peredam mobil asal Rusia ini, memiliki fungsi utama untuk mereduksi getaran yang terasa merambat melalui pintu, maupun rangka mobil dan gangguan suara bising.

Lantas, apa keunggulan produk tersebut? "Smartplast memiliki ketebalan 1.5mm sehingga relatif ringan dan tidak banyak menambahkan bobot pada kendaraan. Meskipun demikian Smartplast tetap berfungsi dengan baik saat diaplikasikan pada kabin mobil," jelas Novi. 

Wanita ramah itu menambahkan, peredam Smartplast bisa diaplikasikan ke hampir seluruh bagian mobil. Area aplikasinya meliputi rangka mobil, bodi mobil, pintu-pintu, doortrim dan plafon.

"Kendala yang paling terasa di mobil LCGC selain getaran dan berisik dari luar mobil, biasanya saat hujan turun, karena mostly pada bagian plafon belum terdapat lapisan peredaman, jadi suara rintik hujan sangat terasa. Penambahan peredam pada plafon adalah solusi yang smart," tuturnya.

Mengenai harga, ternyata produk Smartplast dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk ukuran 50 x 70cm, peredam Smartplast memiliki banderol Rp 150.000 / lembar, sudah termasuk jasa instalasi. 

"Tak perlu khawatir, konsultasikan terlebih dahulu dengan installer kesayangan Anda mengenai keluhan di mobil, karena pemasangan peredam bisa dimulai dari lembaran di 2 pintu depan terlebih dahulu," pungkas Novi. (adv)