Bangkitkan Nostalgia, Tamiya Buat Buggy Car Listrik yang Bisa Dikendarai

  • Oleh : ADV

Jum'at, 21/Mei/2021 10:25 WIB


SoundandMachine.com (Inggris) - Bagi kawan SoundandMachine yang merupakan generasi 80-an hingga 90-an, pasti pernah memainkan mobil-mobilan berukuran mini yang dikenal dengan nama Tamiya. Nama Hornet, Lunchbox, Sand Scorcher dan Avante tentunya sudah tak asing lagi.

Pasti kawan-kawan juga merasakan, bagaimana keseruan saat merakit Tamiya dari potongan-potongan komponen, hingga menjadi mobil mainan utuh yang bisa berjalan dengan tenaga baterai.

Kini, seakan membawa kembali ke nuansa nostalgia, sebuah perusahaan mobil mini asal Inggris, The Little Car Company, membuat Tamiya yang dapat dikemudikan. Tentu saja ukurannya bukan skala 1/10 seperti Tamiya mainan zaman dulu, namun Tamiya ini berukuran 8/10.

Bernama Wild One Max, mobil mungil bergaya buggy tersebut dibangun dengan lisensi langsung dari Tamiya. "Prospek kereta Tamiya berukuran hampir penuh, yang dapat dibuat dan dikendarai, benar-benar menarik dan akan menjadi kendaraan terbaik bagi semua penggemar Tamiya," ujar Pete Binger, CEO, The Hobby Company – Tamiya UK Distributor.

Seperti kit Tamiya asli, pembeli akan dapat merakit sendiri Wild One Max dan juga mendandani dengan stiker. Meski begitu, pembeli perlu menyiapkan ruang khusus untuk merakitnya, karena Wild One Max memiliki panjang 3,5 meter dan lebar 1,8 meter saat selesai dibangun.

Mobil mungil yang memiliki single seat dengan sasis spaceframe itu, memiliki bobot 250 kg. Didukung oleh motor listrik empat kW yang dipadukan dengan paket baterai dua kWh, Wild One Max akan memiliki jangkauan operasi sekitar 40 km dan kecepatan tertinggi 48 km/jam.

Bila pembeli menginginkan performa lebih, The Litler Car Company telah menyiapkan paket peningkat daya atau power pack upgrades. Menariknya, Wild One Max dibekali beberapa komponen canggih sebagai peralatan standar.

Di bagian dalamnya terdapat dashbor digital, roda kemudi tipe sport dan kursi elektrik yang posisinya dapat disesuaikan sesuai keinginan pengemudi, suspensi coilover, rem cakram hidrolik Brembo dengan pengereman regeneratif dan ban off-road 15 inci. 

Selain itu, bila sang pemilik ingin membawa Wild One Max ke jalan raya, telah disiapkan paket opsional Tarmac Pack. Paket tersebut berupa ban versi jalan raya, lalu pelindung lumpur, hingga lampu rem, lampu sein, dan kaca spion.

"Sebagai anak generasi 80-an, mengembangkan model Tamiya berukuran hampir penuh, yang dapat Anda kendarai, adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Kami merasa terhormat bisa bekerja dengan tim Tamiya dalam proyek ini," kata Ben Hedley, CEO, The Little Car Company.

Mengenai harga, Wild One Max akan dilepas ke pasar mulai dari £ 6.000 atau setara Rp 115 jutaan. Banderol yang ditawarkan memang terlihat mahal, namun Ben optimis para penggemar setia Tamiya bakal mengincar Wild One Max, yang rencananya dijual tahun depan ini dengan penuh minat.

"Karena proyek ini masih dalam tahap awal, kami memiliki kesempatan untuk mendapat umpan balik dan saran fitur dari penggemar Tamiya di luar sana. Kami mendorong siapa pun yang memiliki ide imajinatif untuk mendaftar ke buletin di WildOneMax.com," pungkas Ben Hedley. Keren juga yah! (EPS)