Usung Konsep OEM, Alpine UTX-A09 Jadi Resep Suara Merdu di BMW X3 Ini

  • Oleh : ADV

Jum'at, 21/Mei/2021 14:22 WIB



SoundandMachine.com (Jakarta) - Indonesia Car Audio Network (I-CAN) pada awal April 2021 lalu, telah mengadakan kompetisi audio Sound Quality (SQ) di WTC Matahari Serpong, Tangerang, Banten.

Bersamaan dengan final kontes sekaligus ronde kualifikasi tersebut, I-CAN turut membuka kelas spesial yakni Gue Jagoan Alpine dari brand Alpine Indonesia. Dari banyaknya peserta, ada salah satu peserta yang mencuri perhatian SoundandMachine.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Peserta tersebut adalah sebuah BMW X3 berwarna hitam. Meski tak jadi juara pertama dalam ajang tersebut, melainkan harus puas di posisi kedua, namun ubahan atau modifikasi yang dilakukan terhadap sistem audio mobil buatan Jerman tersebut patut diacungi jempol. 

Mengusung konsep OEM, kabinnya masih terlihat ringkas dan rapih, namun suara audionya mampu memanjakan telinga. Frendy, sang instalatur dari bengkel audio Auto Maximus mengatakan, kekuatan suara merdu yang dihasilkan, salah satunya terletak pada penggunaan head unit Alpine UTX-A09.

Baca Juga:
Punya Daya Tahan Lebih, Power Amplifier Hertz HMP 4D Jadi Andalan Upgrade Audio High End

Alpine UTX-A09

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

"Konsepnya OEM, jadi kita lakukan ubahan yang simple dengan aliran SQ. Tentu fokusnya lebih kepada suara jernih yang dihasilkan," kata Frendy saat ditemui di markasnya, di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Mengenai spesifikasi, Alpine UTX-A09 merupakan head unit tipe Hi-Res yang cocok untuk penggemar audiophile. Head unit tersebut juga dapat memutar file audio resolusi tinggi FLAC, WAV dan APE dengan dukungan kecepatan hingga 24Bit/192kHz.

Dari segi desain, UTX-A09 terilhat modern dan canggih serta cocok digunakan untuk segala jenis kendaraan. Dibekali layar TFT 2,4 inci, head unit tersebut memiliki profil ramping yang dapat dipasang secara flexible.

Menariknya, UTX-A09 bisa dipasang terpisah agar tidak mengganggu head unit bawaan mobil, seperti pada BMW X3 ini. "Jadi head unit standar gak diotak-atik dan masih bisa mengoperasikan beberapa fitur bawaan mobil," jelas Fredy.

Alpine DAS-A09M

Sebagai pelengkap, UTX-A09 disambungkan dengan Alpine DAS-A09M. Mirror monitor ini berfungi sebagai controller, yang ditempel di spion tengah dan mampu menghadirkan tampilan beresolusi 1080p.

Selain itu, untuk bagian speaker Auto Maximus mempercayakan pada komposisi 4-way. "Kita custom pilar A, agar bisa menggunakan konsep 4-way. Speakernya kita gunakan Focal Utopia Beryllium 165 WRC, dan super tweeter dari Sony," papar Frendy.

Sementara untuk power, Frendy menyematkan tiga buah audison SR 4.500 dan satu buah processor Audison Bit One HD. Penempatan power di bagasi pun terbilang rapih, karena sekilas tidak terlihat.

Frendy memiliki alasan tersendiri menempatkan susunan power dan processor tersebut di bagian bawah bagasi. "Karena ada peluang kita masukin power dan processor di bagasi, supaya tidak makan tempat dan bisa OEM look. Enaknya, masih bisa mengangkut barang bawaan," katanya.

Sebagai penghasil suara rendah atau bass, pria ramah itu memasang subwoofer Audison AP8 yang ditempatkan menyatu dengan panel bagasi bagian kiri. Atas hasil pengerjaan yang rapih, Agnes Jesica, sang pemilik pun mengaku puas.

"Saya sering kalau lagi di perjalanan terus merasa bosan. Jadi akhirnya senang dengar musik. Pakai produk Alpine karena saya nilai suaranya bagus, bassnya juga terdengar powerfull," ujarnya.

Nah, bagi kawan SoundandMachine tertarik pasang audio dengan konsep OEM di mobilnya, bisa langsung ke Auto Maximus di Jalan Taman Surya 2 blok C1 No.21 Jakarta Barat, atau tanya-tanya melalui Instagram @automaximus_jakarta. (adv)