Porsche Macan Generasi Kedua Bakal Jadi Mobil Listrik?

  • Oleh : ADV

Minggu, 23/Mei/2021 11:36 WIB


SoundandMachine.com (Stuttgart) - Suka atau tidak, masa depan beberapa pabrikan otomotif dunia saat ini menuju arah kendaraan listrik. Salah satu merek yang akan melakukannya adalah produsen mobil sport legendaris, Porsche. 

Setelah merilis Taycan, mobil listrik berperforma tinggi, Porsche juga berencana untuk merubah Macan menjadi mobil elektrik sepenuhnya. Kabarnya, generasi kedua dari SUV kompak itu akan menggunakan Premium Platform Electric (PPE) Grup Volkswagen.

Baca Juga:
Tawarkan Cicilan Terjangkau, Mandiri Utama Finance Jadi Mitra Resmi Pembiayaan Mobil Sport Porsche

"Macan elektrik menjadi yang pertama di Stuttgart dan akan memulai debutnya pada tahun 2023," ungkap salah seorang sumber dari Porsche. Rencana itu sepertinya memang benar adanya, apalagi baru-baru ini Porsche telah merilis foto-foto dari prototipe mobil tersebut.

Baca Juga:
Hadir di GIIAS 2023, Porsche Indonesia Luncurkan Dua Model Baru Penakluk Segala Medan

Dalam foto yang beredar, terlihat sebuah Porsche Macan berwarna hitam dengan dipasangi segudang peralatan elektronik untuk keperluan pengetesan. Mobil tersebut, akan menjalani rangkaian tes sejauh tiga juta kilometer.

Baca Juga:
Rayakan 75 Tahun Eksistensi Mereknya, Porsche Indonesia Adakan Festival of Dreams

PPE sendiri sedang dikembangkan bersama dengan Audi, sehingga Macan akan berbagi sebagian besar urusan mekanisnya dengan Q6 e-tron. Bisa dibilang seperti halnya e-tron GT, yang pada dasarnya adalah Taycan yang dilapisi ulang. 

Sebagai sumber tenaga penggerak, Macan akan dibekali baterai listrik 800 volt. Porsche mengatakan, hal ini akan memungkinkan jarak jelajah yang lebih jauh dan kemampuan akselerasi yang kuat.

Di bagian eksterior, prototipe yang fotonya beredar memiliki bentuk yang sedikit 'aneh' karena tempelan stiker kamuflase di beberapa bagian. Namun salah satu bagian ikonik yang masih terlihat jelas, adalah headlight besar dengan lampu DRL LED empat titik yang menjadi ciri khas Porsche.

Di tempat lain, terlihat jendela samping yang tampak sedikit lebih pendek di banding generasi saat ini. Sementara kaca depan belakang sedikit lebih landai sehingga membuat atapnya mirip dengan sebuah coupe. (EPS)