Dilengkapi Fitur Cegah Benturan, Toyota Rilis Sienta Safety Edition II untuk Pasar Jepang

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 03/Jun/2021 09:23 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Sistem keselamatan aktif semakin menjadi standar untuk mobil yang beredar di pasar domestik Jepang (JDM). Namun bagi Toyota, standar saja tidak cukup, setidaknya mesti dibuat lebih canggih melalui improvisasi yang dilakukannya.

Namun Toyota tidak tergesa-gesa menyematkan fitur keselamatan aktif yang lebih canggih ke lini mobil produksinya, terkadang mesti pelan-pelan.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Salah satunya dengan merilis Toyota Sienta Safety Edition II yang terhitung sebagai spesifikasi spesial dengan peredaran relatif terbatas sebagai bentuk sounding paling tidak untuk di kelasnya.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

(sumber: Toyota)

Toyota Sienta Safety Edition II, memiliki teknologi keselamatan aktif lebih canggih dengan intelligent clearance sonar dan kamera belakang, untuk menampilkan objek yang ada di belakang mobil.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Intelligent clearance sonar bekerja mencegah benturan yang disebabkan oleh menginjak gas terlalu dalam secara tidak disengaja.

Ketika sistem mendeteksi adanya objek stasioner dalam kecepatan 15 km/jam atau kurang, output mesin atau sistem hybrid akan ditekan dan ketika objek semakin dekat, sistem akan otomatis melakukan pengereman.

Sistem tersebut juga mampu mendeteksi kaca seperti yang ada di minimarket, pertokoan, dan daerah komersil lainnya yang di Jepang sendiri kerap menjadi “korban” akibat kesalahan menginjak pedal gas.

(sumber: Toyota)

Sienta Safety Edition II tampilannya juga dibedakan dengan varian regulernya, seperti untuk eksterior, kaca spion dan dop dilabur warna hitam dan warnah greyish blue yang hanya ada di spesifikasi spesial tersebut.

(sumber: Toyota)

Begitu juga interior yang juga dilabur warna hitam, namun tudung panel instrumen dan upper box-nya saja.

(Joule)