Toyota Resmi Ungkap Wujud Land Cruiser Generasi Baru

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 11/Jun/2021 10:24 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Bertepatan dengan usia produksinya yang ke-70, Toyota secara resmi mengungkap generasi terbaru dari SUV tertuanya yaitu Toyota Land Cruiser 300.

Land Cruiser 300 akan menggantikan generasi sebelumnya, yaitu Land Cruiser 200 yang berorientasi kenyamanan dan sudah diluncurkan sejak tahun 2007.

Baca Juga:
Dari Penjualan Hingga Kesiapan Mudik 2024, Toyota Semakin Jagokan Kendaraan Elektrifikasi

Seperti yang diketahui, Land Cruiser memiliki model dengan peruntukan berbeda, selain untuk penggunaan dalam kota, juga ada heavy duty untuk operasional dengan medan berat seperti Land Cruiser 70 yang biasa dipakai mulai dari pertambangan hingga peperangan, dan light duty atau lebih dikenal sebagai Prado.

Meski model yang berganti generasi berorientasi kenyamanan, Toyota tetap mempertahankan esensi dari sebuah Land Cruiser, yaitu keandalan, durabilitas, dan performa off-road. Tidak kalah penting, Toyota juga membuat Land Cruiser terbaru ini lebih mudah melewati beragam medan.

Baca Juga:
Perluas Pangsa Pasar, Toyota Hadirkan Ragam Kendaraan Fleet dan Komersial Terbaru

Baca Juga:
Dimensi Kompak Suara Menghentak, Speaker Hertz CK 165 F Cocok untuk Upgrade Audio Harian

(sumber: Toyota)

Land Cruiser terbaru tampil dengan eksterior yang menyelaraskan antara fungsi dan estetika, dalam arti selain terlihat gagah, juga memiliki ketahanan selama melewati medan off-road.

(sumber: Toyota)

Itulah mengapa panjang, lebar, dan wheelbase serta departure and approach angle-nya tetap sama seperti pendahulunya.

(sumber: Toyota)

Sementara untuk interior yang serba baru, panel instrumen dibuat horizontal agar memudahkan pengemudi melihat posisi kendaraan bahkan ketika sedang off-road sekalipun, posisi, warna, dan bentuk tombol-tombolnya dibuat agar pengemudi lebih intuitif dalam penggunaannya.

Selain eksterior dan interior serba baru, Toyota memakaikan platform baru untuk Land Cruiser yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-F yang mempertahankan struktur ladder frame, namun bobot kendaraan dibuat lebih ringan, menurunkan center of gravity, dan powertrain baru.

(sumber: Toyota)

Dengan platform GA-F, Land Cruiser terbaru lebih ringan 200 kg dengan kombinasi antara frame dan bodi, center of gravity lebih rendah, dan improvisasi struktur suspensi agar kemampuan off-road-nya meningkat.

Namun soal meningkatkan kemampuan off-road, Toyota lebih mengandalkan sejumlah fitur teknologi canggih, seperti performa dasar suspensi untuk artikulasi roda atau yang mengindikasikan kemampuan ban agar tetap berada di darat.

(sumber: Toyota)

Selain itu, Toyota juga memakaikan Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) yang pertama di dunia untuk meningkatkan kemampuan menapak di darat.

(sumber: Toyota)

Multi-Terrain Monitor juga diadopsi agar pengemudi lebih bisa melihat rintangannya, dan Multi Terrain Select yang secara otomatis memilih driving mode terbaik untuk melewati medan yang akan dilaluinya,  

Mesin 3.500 cc twin-turbo bensin (sumber: Toyota)

Mesin 3.300 cc twin-turbo Diesel (sumber: Toyota)

Land Cruiser terbaru memakai mesin twin-turbo V6 berkapasitas 3.500 cc bertenaga 415 HP dan torsi 650 Nm untuk bensin dan 3.300 cc bertenaga 309 HP dan 700 Nm untuk Diesel yang keduanya disalurkan oleh transmisi otomatis 10-percepatan.

(sumber: Toyota)

Terakhir, Land Cruiser terbaru sudah dilengkapi Toyota Safety Sense yang memiliki dua fungsi untuk mencegah benturan, yaitu mendeteksi adanya objek yang datang seperti kendaraan lain dan pejalan kaki, dan ambil alih kemudi untuk menghindari objek apabila dalam keadaan darurat.

Land Cruiser juga dilengkapi Parking Support Brake yang membantu pengereman apabila mendeteksi adanya objek sekitar dimana mobil tersebut terparkir.

Rencananya Toyota mulai meluncurkan Land Cruiser ke seluruh dunia musim panas tahun ini.

(Joule)