Penjualan Belum Dimulai, Tuner Jepang Ini Sudah Duluan Modifikasi Toyota GR 86

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 11/Jun/2021 19:08 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Sportscar Toyota GR 86 sudah world premiere atau diungkap sosoknya, namun untuk penjualannya di Jepang belum dimulai.

Itulah mengapa Toyota tidak mencantumkan harga sportscar bermesin boxer 2.400 cc tersebut di press release ataupun website resmi Jepang domestik dari world premiere sampai sekarang.

Baca Juga:
Teknologi Elektrifikasi Terbaru Siap Diluncurkan, Begini Mekanisme Kerja Suzuki Smart Hybrid

Namun sejumlah tuner ternama di Jepang sudah mendapat unitnya dan dimodifikasi berdasarkan preferensi masing-masing. Mereka juga sudah memamerkan mobilnya melalui sebuah perhelatan Fuji 86 Style with BRZ di Fuji Speedway, Jepang, 6 Juni 2021 silam.

Setidaknya ada lima dari enam tuner yang sudah mengungkap lebih detail mengenai modifikasi untuk generasi kedua Toyota 86 tersebut.

Baca Juga:
Berawal dari Kepercayaan, One3 Motorsport dan Motoshop Resmi Buka Gerai Modifikasi Performa

Berikut tuner dan modifikasi yang dilakukan di GR 86-nya,

Blitz

Baca Juga:
Vehicle-to-Load (V2L), Fitur Inovatif Hyundai Ioniq 5 yang Bisa Suplai Listrik Rumah

(sumber: Blitz)

Melalui sejumlah foto di akun Facebook-nya, modifikasi yang dilakukan oleh Blitz untuk eksterior adalah bodykit, pelek Enkei RS05RR dan ban Dunlop Direzza, dan wing. Sementara untuk interior yaitu indikator tambahan, shift knob, handbrake lever.

Untuk sektor mesin, Blitz mengganti air filter dan knalpot, sementara kaki-kaki dan sasis, Blitz memasang strut bar, suspensi Damper ZZ-R dengan DSC Plus yang membuat terlihat ceper dan big brake kit dibalik peleknya.

HKS

(sumber: HKS)

Eksterior GR 86 dimodifikasi HKS dengan memakaikan bodykit, pelek Advan Racing GT Beyond dengan ban Advan Neova AD08R. Untuk interior, HKS memakai jok Bride, ganti shift knob, dan trim carbon.

Untuk mesin, HKS memodifikasi GR 86 dengan GT2 Supercharger, Mastery ECU, knalpot Hi-Power SPEC-L II, manifold Super Manifold GT-SPEC. Sementara kaki-kaki menggunakan suspensi Hipermax S dan rem Endless dibalik peleknya tersebut.

Trust

(sumber: trust-power)

Trust atau dikenal sebagai GReddy, memodifikasi eksterior GR 86 dengan bodykit dan wing hasil kolaborasi dengan Voltex, dan pelek Rays NE24 dibalut ban Dunlop Direzza ZIII. Kemudian interior memakai GReddy steering, GReddy shift knob, dan jok Bride dengan Greddy harness.

Untuk mesin, Trust memasang turbo kit T620Z RX, muffler power extreme, Water balance adapter, Sirius Unified Turbo, Engine oil cooler kit, Oil filler cap, dan oil filter. Sementara kaki-kaki memakai rem D2 caliper kit 6 pot untuk depan dan 4 pot untuk belakang dengan rotor 356φ.

Sard

(sumber: Sard)

Sard memodifikasi GR 86 dengan bodykit, pelek BBS yang dibalut ban Bridgestone Potenza, knalpot, cover jok dan pernik untuk seatbelt.

TOM’S

(sumber: TOM'S)

Tuner spesialis Toyota tersebut memodifikasi GR 86 dengan body kit, over fender, duck tail spoiler, pelek 19 inci dan ban. Untuk interior, TOM’S memakai setir produk sendiri yang terinspirasi Super GT.

Sementara sektor performa, TOM’S memasang barrel exhaust, brake kit, dan sports suspension.

(Joule)