Bagai Terlahir Kembali, MINI Klasik Dibekali Jantung Listrik Nissan Leaf

  • Oleh : edo

Selasa, 15/Jun/2021 15:21 WIB


SoundandMachine.com (London) - Tren mobil listrik, saat ini sudah menjalar ke hampir seluruh penjuru dunia. Meski begitu, hadirnya mobil listrik dan peraturan mengenai emisi yang semakin ketat, membuat beberapa pihak termasuk para pecinta mobil klasik merasa khawatir.

Sebab, santer beredar kabar bahwa di beberapa negara, akan melarang mobil bermesin bahan bakar konvensional beredar, agar dapat menekan angka polusi di udara. Nah, bagi para penggemar mobil klasik khususnya Mini ada kabar baik nih.

Baca Juga:
Dikabarkan Mendarat di Indonesia, Mobil Listrik Wuling MINI EV Bakal Muncul di GIIAS?

Sebab, London Electric Cars (LEC) telah mengumumkan peluncuran paket konversi baru, yang dapat mengubah MINI klasik menjadi mobil listrik sepenuhnya. Paket baterai itu diklaim mampu menempuh jarak antara 96 km hingga 113 km dalam kondisi penuh. 

Baca Juga:
Gandeng LG, Hyundai Bangun Pabrik Sel Baterai Kendaraan Listrik di Karawang

Menariknya, powertrain listrik dan drivetrain, diambil dari Nissan Leaf generasi pertama. Menurut LEC, ini adalah solusi yang lebih berkelanjutan daripada mengembangkan dan menciptakan material baru untuk konversi ini.

"Pilihan ini tidak hanya membuat proses lebih hemat biaya, tetapi juga paling berkelanjutan dalam hal dampak siklus hidup kendaraan," tulis LEC dalam keterangan resminya.

Baca Juga:
Mercedes-Benz Lakukan Persiapan untuk Beralih ke Elektrifikasi Penuh

Perangkat konversi listrik itu, memiliki model dasar 20 kWh yang dijual dengan harga dari £ 25.000 atau senilai Rp 500 jutaan. Harga ini belum termasuk pajak lokal, pengiriman dan unit kendaraan MINI. 

Ilustrasi motor listrik Nissan Leaf

LEC mengatakan, pihaknya juga memiliki rencana untuk menggunakan kembali perangkat keras komputer, baterai, dan teknologi lain dari Leaf untuk memproduksi dan merekayasa konversi Mini klasik ini. 

Berbekal cara itu, calon pemilik memiliki opsi untuk memasang baterai yang lebih besar untuk jangkauan yang lebih jauh, dan performa motor listrik juga dapat ditingkatkan. 

Pengisian daya dilakukan baik melalui koneksi Tipe 1 atau Tipe 2, meskipun tidak jelas apakah sistem pengisian daya telah ditingkatkan untuk mendukung pengisian daya DC yang lebih cepat. Sebab, Leaf hanya dapat mengisi daya cepat DC maksimum 44 kW.

Kabar baiknya, untuk mereka yang tertarik untuk membeli produk konversi ini tetapi saat ini tidak memiliki MINI klasik, LEC akan berusaha keras untuk mencarikannya untuk Anda. 

Setiap proses konversi membutuhkan waktu sekitar enam minggu, tetapi daftar tunggu saat ini adalah sekitar enam bulan untuk Inggris saja (ada juga pesanan besar dari AS dan Jepang).

"Ini semua yang saya inginkan dan banyak lagi. Mini klasik saya tidak hanya memiliki kehidupan baru, tetapi juga sempurna untuk berlari di sekitar London dan sangat murah untuk dijalankan! Ini benar-benar win-win solution," ujar salah seorang konsumen. Anda juga Tertarik? (EPS)