Pandemi Covid-19 Belum Mereda, Audi Tunda Rencana Bangun Pabrik di Indonesia

  • Oleh : ADV

Rabu, 16/Jun/2021 15:37 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Bagi produsen otomotif dunia, Indonesia rupanya menjadi salah satu negara yang menarik untuk dijadikan lokasi pengembangan dan produksi, produk-produk kendaraan mereka.

Setelah Wuling dan Hyundai resmi membuat pabrik di wilayah Jawa Barat, ternyata Audi juga memiliki rencana serupa. Hal itu disampaikan oleh Stefan Hutahayan, Brand Manager PT Garuda Mataram Motor selaku pemegang merek Audi di Indonesia.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Ia mengatakan, pabrikan asal Jerman tersebut sudah memiliki rencana untuk membuka pabrik perakitan di Indonesia, namun karena pandemi Covid-19 mewabah di berbagai negara termasuk Indonesia, Audi pun mengurungkan niatnya untuk sementara.

Baca Juga:
Dibuka Fitra Eri, Gerai Aksesoris Aftermarket Mobil Otoproject Garage Kini Hadir di Kota Bandung

"Rencana ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu, tapi tertunda karena pandemik," jelas Stefan kepada awak media, beberapa waktu lalu. Meski begitu, ia memastikan rencana tersebut akan tetap berjalan sambil melihat situasi ke depan.

"Hanya tertunda, dan harapannya setelah Indonesia dinyatakan pulih dari Pandemik Covid-19, rencana lokalisasi produk bisa dijalankan kembali. Mungkin bisa terealisasi di tahun 2023 atau 2024," terangnya.

Baca Juga:
Dimensi Kompak Suara Menghentak, Speaker Hertz CK 165 F Cocok untuk Upgrade Audio Harian

Selain membuka pabrik perakitan, Audi terlihat fokus untuk menggarap pasar mobil premium di Indonesia dengan cara lain. Salah satu wujudnya adalah dengan terus menghadirkan model anyar dari beragam varian andalannya.

Baru-baru ini, Audi telah meluncurkan A5 Sportback dan Coupe. Sedan mewah tersebut, hadir dalam dua pilihan, yakni 2.0L TFSI dengan tenaga maksimal 190 dk dan torsi 320 Nm, Front Wheel Drive (FWD). 

Kemudian 2.0L TFSI Quattro dengan tenaga 245 dk dan torsi 370Nm, khusus Quattro sudah dilengkapi dengan penggerak empat roda (AWD). Mengenai harga, New Audi A5 Sportback dan Coupe dipasarkan di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 1.248.000.000 (off the road). (EPS)