Mengenal Sensha, Jasa Perawatan Eksterior dari Jepang yang Ekspansi ke Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 17/Jun/2021 18:05 WIB


SoundandMachine.com (Tangerang) – Di Indonesia, prospek usaha jasa perawatan eksterior mobil termasuk tinggi dan tidak heran jika usaha seperti ini kian menjamur.

Saking tingginya, tidak hanya membuat pengusaha lokal saja yang tergerak untuk ke bisnis tersebut, tetapi juga dari luar negeri. Salah satunya adalah pengusaha dari Jepang yang telah membuka Sensha di Indonesia mulai tahun 2018.

Sensha merupakan grup korporasi di bidang jasa perawatan eksterior seperti detailing, cuci mobil, paint protection film (PPF), dan coating, yang sekarang sudah menjangkau 34 negara semenjak berekspansi ke Indonesia.

“2.000-3.000 mobil (yang membutuhkan PPF) dijual dalam setahun, tetapi toko PPF sendiri tidak begitu banyak, itu berarti ada prospek baik,” buka Akiya Bessho, Vice President Director Sensha Indonesia kepada SoundandMachine.com di Head Office Sensha Indonesia, Bintaro, Tangerang Selatan (13/6/2021).

Salah satu selling point Sensha adalah penerapan metode usahanya, mulai dari kualitas standar prosedur operasional hingga produk bahan perawatannya yang didatangkan langsung dari Jepang.

Tenaga kerja di bidang perawatan eksterior dan interior memakai sumber daya manusia dari Indonesia yang ditraining oleh tenaga ahli dari Jepang untuk menyamakan standar prosedur operasionalnya.

“Ada beberapa orang yang training di Sensha Thailand dan Jepang, terus mereka sebagai atasan mengajarkan ke anak-anaknya, jadi standarnya Jepang. Sebelum pandemi, setiap bulan ada teknisi dari Jepang datang untuk quality control.” jelas pria Jepang yang fasih berbahasa Indonesia tersebut.

Salah satu contoh nyatanya ada pada handuk yang dibedakan untuk bodi, interior, kaca, lap kering, pelek, dan sebagainya berdasarkan warna. Begitu juga produk perawatannya yang dipakai akan terlihat oleh pelanggan.

Pelanggan yang hadir kebanyakan menengah ke atas, namun pelanggan menengah ke bawah juga ada dan beberapa dealer resmi APM memilih Sensha untuk perawatan eksterior dan interior mobil dagangannya sebelum ke tangan konsumen.

Sensha Radio Dalam, Jakarta Selatan 

Sensha group mengeluarkan dana sebesar Rp. 13 Miliar untuk investasi tahap awal dan saat ini baru dua cabang yakni di Bintaro, Tangerang sebagai head office, dan Radio Dalam, Jakarta Selatan.   

“Rencana awal itu membuka cabang, minimal satu toko setahun, karena ada Covid sekarang pending,” tutup Bessho.

 

SENSHA BINTARO (HEAD OFFICE)

Jl. HR Rasuna Said Kav 04 Blok B7/A5 CBD Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

SENSHA RADIO DALAM

 Jl. Radio Dalam Raya No.9, RT.8/RW.2, Kel.Gandaria Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12140

(Joule)