Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Dia Referensi Modifikasi BMW Seri 4 Terbaru

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 18/Jun/2021 13:12 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – BMW Seri-4 generasi kedua baru-baru ini diluncurkan di Indonesia dengan dua model sekaligus, yaitu Coupe dan Convertible.

Namun sudah ada beberapa referensi modifikasi untuk BMW yang masuk Indonesia hanya 430i, baik dari in-house tuner maupun pihak ketiga atau di luar referensi manufaktur.

Baca Juga:
Unggulkan Desain Original, HSR Wheel Kenalkan Lima Model Pelek Baru untuk Beragam Mobil

BMW M Performance

Baca Juga:
Kolaborasi Dengan Kopi Nako, Wuling Formo Max Ala Kafe Berjalan Ramaikan GIIAS 2023

(sumber: BMW)

Baca Juga:
Velg Baru HSR Wheel Boafeo dan Aerotech, Tingkatkan Gaya Juga Aerodinamika

In-house tuner BMW sudah menyediakan sejumlah parts yang mampu mengubah karakter Seri-4 dari segi visual maupun teknikal, yaitu M Performance.

Untuk eksterior ada carbon fibre front grill, front splitter, side skirt, dan carbon fiber spoiler yang bukan hanya membuat karakternya berbeda tetapi juga meningkatkan aerodinamika.

Pelek 20 inci Y-Spoke forged wheels bukan hanya memberi kesan performa tetapi juga membuat tampilan lebih gahar. Knalpot M Performance juga turut membuat tampilan lebih gahar pada detailnya.

Untuk interior dibuat dengan DNA motorsport dari setir M Performance yang lebih ada grip dan garis di bagian atasnya. Konsol tengah dan trim kokpit carbon fibre dan sejumlah logo M performance menambah kesan sporti Seri-4.

3D Design

(sumber: 3D Design)

Seperti M Performance, tuner spesialis BMW asal Jepang tersebut juga menawarkan parts eksterior yang bernuansa performa dari material carbon fiber dengan desain berbeda tentunya. Uniknya, 3D Design menyediakan dua corak kepangan carbon fiber, yaitu plain weave (1x1) dan twill weave (2x2).

3D Design juga menyediakan pelek Type 3 20 inci agar terlihat lebih mencolok dan sebagai pemanis, tail pipe muffler corak carbon fiber dengan desain menyesuaikan bumper bawaan Seri-4 dan juga rear diffuser yang sedang dalam proses pengembangan.

Untuk interior, 3D Design juga menyediakan paddle shift dan pedal set agar penampilannya menjadi lebih sporti namun memiliki cita rasa mewah.

 

AC Schnitzer

(sumber: AC Schnitzer)

Tuner asal Eropa tersebut menyediakan parts modifikasi yang bukan hanya membuat penampilan Seri-4 jadi berbeda tetapi juga meningkatkan performa.

Pertama dari parts eksterior, AC Schnitzer menyediakan front spoiler, front splitter, side skirt, rear spoiler, rear roof spoiler, rear skirt protection foil, exhaust dengan dua “carbon sport”, dan pelek AC1 Anthracite atau bi-color 19 atau 20 inci termasuk modul elektronik RDC.

Menariknya, AC Schnitzer juga menyediakan ban untuk membalut pelek tersebut dengan pilihan merk Continental, Michelin, Hankook, dan Pirelli untuk pelek 19 inci dan 20 inci hanya satu pilihan merk ban yaitu Michelin.

Kemudian untuk interior, AC Schnitzer menyediakan pedal set untuk setir kanan, paddle shift, key holder, dan tombol putar iDrive untuk suasana lebih sporti.

AC Schnitzer juga menyediakan performance upgrade berupa control unit untuk mesin B48 dengan tenaga 258 hp dan torsi 400 Nm bawaannya menjadi 300 hp dengan torsi 470 Nm, serta sports suspension yang kompatibel dengan adaptive suspension untuk handling lebih baik.

 

dAHLer tuning

(sumber: dAHLer)

Tuner asal Swiss tersebut hanya kompatibel untuk produk selain mesin, karena hanya menyediakan untuk M440i atau M440d yang notabene tidak beredar di Indonesia.

Setidaknya parts seperti front splitter, M Style Mirror Caps, pelek forged 20 inci, dan lowering kit masih kompatibel untuk meningkatkan performa sekaligus mengubah penampilan Seri-4. Lebih keren mana?

 

(Joule)