Ini Alasan Daihatsu Gunakan Mesin 1.2L 3 Silinder untuk Rocky

  • Oleh : ADV

Jum'at, 18/Jun/2021 12:25 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Melanjutkan kehadiran Daihatsu Rocky 1.0L yang telah diluncurkan pada April 2021 lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyediakan tambahan pilihan dengan memperkenalkan varian Rocky dengan mesin 1.2L yang dikembangkan untuk pasar otomotif Indonesia.

Kemunculan Rocky 1.2L yang dilakukan pada Kamis, 17 Juni 2021 ini, sekaligus menjadi yang pertama di dunia. "Kami berharap, dengan hadirnya Rocky 1.2L ini dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan pilihan yang lebih variatif," kata Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head PT ADM.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Lebih lanjut ia mengatakan, pengembangan varian Rocky 1.2L ini dilakukan oleh putra-putri bangsa melalui tim R&D ADM PT ADM bersama dengan tim Daihatsu Motor Company Jepang.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Sebelum dipasarkan, Rocky 1.2L juga telah dilakukan serangkaian uji tes jalan di beragam kondisi jalan di Indonesia, dan terbukti memberikan performa, serta efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya.

Dalam hal spesifikasi, Rocky 1.2L menggunakan mesin baru bertipe 1.2L WA-VE 3 silinder non turbo yang bertenaga dan tetap irit bahan bakar. Selain itu, dengan pilihan Dual Mode CVT pada Rocky 1.2L, berkendara menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga:
Khusus Libur Lebaran 2024, Suzuki Adakan Posko Perbaikan dan Layanan Bengkel Resmi 24 Jam

Lantas, mengapa Daihatsu memilih mesin 1.200 cc 3 silinder dibanding 4 silinder seperti yang sudah digunakan oleh Sigra dan Ayla dengan kode 3NR-VE? apalagi mesin dengan 3 silinder memiliki stigma yang kurang baik terkait dengan getaran yang dihasilkan.

Menjawab hal tersebut, Anjar menjelaskan bahwa Daihatsu menggunakan mesin 3 silinder dengan teknologi yang benar-benar baru. "Ini benar-benar mesin baru dengan bobot lebih ringan dengan perbaikan dan pengembangan sehingga mesin 1.2L 3 silinder yang dipakai Daihatsu Rocky ini jauh lebih baik performanya," ungkap Anjar.

Dia mencontohkan, dari sisi performa torsi maksimum mesin 1.2L 3 silinder mencapai 113 Nm dari 108 Nm pada tenaga mesin 1.2L 4 silinder. Terkait getaran, Anjar mengatakan mesin baru ini memiliki peredaman dan balans yang jauh lebih halus dan lebih baik.

Selain itu, menurut Anjar Rocky 1.2L ini sudah dites jalan di Bandung, Kamojang, dan Malang dengan beberapa kondisi jalan menanjak dengan sudut kemiringan hingga 18 derajat. Hasilnya performa mesinnya terbukti mampu menaklukkan jalan tersebut.

Mengenai konsumsi bahan bakar, berdasarkan hasil pengetes ADM, Rocky 1.2L memiliki konsumsi BBM 18-19 liter per km. "Berbagai pilihan varian mulai dari Rocky dengan mesin 1.0L Turbochager, hingga mesin 1.2L, siap menjadi Sahabat Eksis dalam menemani berbagai aktivitas pelanggan," pungkas Anjar. (EPS)