Kabar Baik Bagi Pecinta TLC, Toyota Tertarik Memasukkan Land Cruiser Terbaru ke Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 19/Jun/2021 12:20 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Toyota Land Cruiser (TLC) sudah memasuki generasi baru yang serinya dinamakan Land Cruiser 300. Di balik penampilannya yang makin gagah, terdapat sejumlah peningkatan performa namun tetap mempertahankan DNA-nya dengan mempertahankan sasis ladder frame.

Lantas, apakah produk legendaris Toyota tersebut akan hadir ke Indonesia? Dari informasi yang didapat, PT. Toyota Astra Motor (TAM) ternyata memang tertarik memasukkan SUV mewah tersebut ke Tanah Air.

Baca Juga:
Takut Dipakai Teroris, Toyota Wajibkan Pembeli Land Cruiser 300 Teken Kontrak

Hal itu pun ditegaskan oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. TAM saat konferensi pers virtual beberapa waktu lalu. “Kita memang ada rencana untuk introduce ke Indonesia," ujar Anton (17/06).

Baca Juga:
Angka Kasus Bergerak Dinamis, Toyota Indonesia Turut Serta Dalam Penanganan Covid-19

Lebih lanjut ia mengatakan, Land Cruiser baru sudah sangat dinantikan oleh para penggemarnya di Indonesia, apalagi, SUV bongsor tersebut sudah lama sekali tidak mengalami penyegaran tampilan.

“Karena loyal consumernya sudah banyak sekali. 14 tahun belum ganti model dan animonya cukup baik," jelas pria ramah tersebut. Sayangnya, untuk waktu peluncuran beserta spesifikasi lebih detailnya, Anton belum bisa memberi penjelasan lebih lanjut.

Baca Juga:
3 Raksasa Otomotif Jepang Bergabung untuk Memproduksi Kendaraan Komersial

(sumber: Toyota)

Sebagai tambahan informasi, saat ini Land Cruiser terbaru dirancang agar lebih mudah saat melewati jalur off-road.  Dari segi dimensi panjang, lebar, dan wheelbase serta departure and approach angle tetap sama seperti pendahulunya.

(sumber: Toyota)

Kemudian, Land Cruiser terbaru nanti akan memakai platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-F yang mempertahankan struktur ladder frame, namun bobot kendaraan dibuat lebih ringan, menurunkan center of gravity, dan memakai powertrain baru.

Kemampuan off-road Land Cruiser terbaru juga telah ditingkatkan, adapun fitur yang digunakan mulai dari suspensi anyar dengan teknologi Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS), Multi-Terrain Monitor, hingga Multi Terrain Select.

Sebagai tenaga penggerak, Land Cruiser terbaru dibekali dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin twin-turbo V6 bensin berkapasitas 3.500 cc dengan tenaga 409 hp dan torsi 650 Nm,.

Lalu mesin diesel berkapasitas 3.300 cc, yang sanggup menghasilkan tenaga 304 hp dan torsi 700 Nm. Kedua mesin tersebut, menyalurkan tenaganya ke roda melalui transmisi otomatis 10-percepatan.

(Joule)