Bikin Model Kit Sesuai Keinginan Kamu dengan Teknologi 3 Dimensi

  • Oleh : ADV

Kamis, 24/Jun/2021 14:06 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Buat kawan SoundandMachine yang gemar mengkoleksi mobil-mobilan, atau yang biasa disebut diecast maupun model kit, terkadang memiliki kendala ketika mobil yang diimpikannya, belum tersedia dalam wujud diecast atau model kit.

Namun kini tak perlu risau lagi, sebab saat ini kawan SoundandMachine bisa membuat idamannya sendiri loh, dengan menggunakan teknologi percetakan, atau printing 3 dimensi (3D).

Salah satu perusahaan penyedia jasa tersebut adalah Menimize, yang merupakan sebuah perusahaan rintisan Indonesia di industri teknologi (3D) yang secara resmi memperkenalkan studio Menimize untuk memberikan pengalaman baru dalam industri pemodelan 3D. 

"Kami memulai inovasi ini dari sebuah passion dan hobby terhadap action figure, model kit dan beragam jenis mainan. Kami melihat bahwa konsumen atau penikmat action figure, model kit dan mainan menginginkan sesuatu hal yang berbeda," ujar Irene Nadya, Chief Marketing Officer Menimize.

Menurutnya, hal ini terlihat dari meningkatnya minat kostumisasi dari sebuah mainan sesuai keinginan dan gaya mereka. "Didukung dengan perkembangan teknologi, ini menjadi peluang untuk berinovasi dengan menciptakan sebuah kostumisasi figure guna menjawab kebutuhan tersebut," papar Irene.

Juga bisa membuat action figure

Setidaknya Menimize menghadirkan dua produk unggulan, antara lain file digital, figure, dan menyediakan layanan penyewaan The Menimizer. The Menimizer merupakan sebuah Portable 3D Camera pertama di Asia, yang dirancang serta dikembangkan oleh tim engineer Menimize dari Indonesia

Menariknya, hasil The Menimizer tidak terbatas pada figure, melainkan dapat berupa 3D asset digital yang bisa diolah menjadi model 3D dan animasi serta turunannya. 

Sementara itu untuk figure, Menimize menyediakan 3 varian yang dapat dipilih, yaitu Bust (setengah badan / sampai dada), Whole Body (seluruh tubuh), serta Toon (karikatur) dengan pilihan ukuran atau skala yang sesuai kebutuhan konsumen. 

Lebih dari itu Menimize, juga dapat mengkonversi file 2 Dimensi menjadi 3 Dimensi. Sehingga memungkinkan file foto 2 Dimensi di cetak dalam bentuk figure 3 Dimensi.

"Kalau untuk bikin model kit mobil atau motor, pemilik tinggal kirim foto ke kita detilnya. Lalu berikan ukuran skala yang diinginkan, jadi gak perlu bawa motor atau mobilnya," kata Irene saat dihubungi SoundandMachine.

Setelah itu, dilanjutkan dengan proses mencetak. Bahan yang digunakan sendiri menggunakan plastik resin yang ringan namun kuat. Meski begitu, Irene mengaku bila ada konsumen yang ingin menggunakan material besi (metal) Menimize juga bisa menyediakan.

Mengenai harga pembuatan model kit, Irene menyebut dimulai dari Rp 1,5 juta. "Untuk dapat membuat 3D Model Figure atau kit, pelanggan bisa langsung mengunjungi Studio Menimize di Plaza Indonesia Level 2," pungkas Irene. Tertarik bikin? (EPS)